KPU Kobar Bersama Forkominda Ikuti Rapat Pilkada Serentak Bersama Gubernur Kalteng

KPU Kobar Bersama Forkominda Ikuti Rapat Pilkada Serentak Bersama Gubernur Kalteng

Terkini | kobar.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 06:00
share

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama KPU Kobar mengikuti rapat persiapan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah melalui zoom Meeting bertempat di Aula “Bhineka Tunggal Ika Kantor Badan Kesbangpol Kobar, Kamis 9 Oktober 2024.

Rapat diikuti oleh forum komunikasi pimpinan daerah (forkominda) yakni Pj. Bupati Kotawaringin Barat yang diwakili Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, Kapolres Kobar, Kajari Kobar, Dandim 1014/Pbn yang diwakili Kasdim 1014/Pbn, Kaban Kesbangpol Kobar, Danlanud Iskandar diwakili Kadisops Lanud Iskandar, Komandan Lanal Kumai diwakili Pasintel Lanal Kumai, Korwil Binda Kalteng, Ketua Bawaslu Kobar, KPU Kobar, Diskominfo Kobar, Disdukcapil Kobar, Satpol-PP Kobar serta tamu undangan lainnya.

Rapat dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, didampingi perwakilan Forkopimda Propinsi Kalimantan Tengah, Ketua KPU Provinsi, Anggota Bawaslu Provinsi, dan diikuti oleh Pemkab se-Kalteng, KPU se-kalteng, dan Bawaslu se-Kalteng secara online.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak. 

Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah memastikan terbentuknya Desk Pilkada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

“Karena kehadiran Desk Pilkada ini sangatlah penting, sebagai wadah Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi dan mendukung kelancaran PILKADA Serentak Tahun 2024, Desk Pilkada juga berkoordinasi dengan Pihak TNI, POLRI, Instansi Vertikal dan Horizontal, khususnya untuk menjaga kondisi masyarakat agar tetap aman dan kondusif” ujar Sugianto.

Rapat ini merupakan bagian dari langkah strategis untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, agar nantinya berlangsung dengan baik, damai, dan demokratis.

“Saya berharap dengan jumlah penduduk kita yang mencapai 1.960.053 jiwa, tantangan yang kita hadapi tidaklah kecil sehingga pesta demokrasi agar dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan kondusif. Harapan besar saya adalah partisipasi masyarakat dapat meningkat di 13 kabupaten dan 1 kota, karena partisipasi masyarakat adalah fondasi utama dari demokrasi yang sehat.“

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kobar Edie Faganti usai mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa Pemkab Kobar telah siap untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Di mana telah terbentuk Desk Pilkada yang didasarkan pada Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Desk Pilkada Kabupaten Kobar ini nantinya akan bertugas melaksanakan pemantauan Pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada, serta melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan," ungkapnya.

Pemilihan Kepala Daerah serentak di Provinsi Kalimantan Tengah akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024 untuk memeilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kalimantan Tengah, untuk Gubernur dan Wakil Gubernur terdapat 4 (empat) Paslon .

“Sedangkan untuk Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat 2 (dua) Paslon.”

Topik Menarik