Terdaftar di KPU Kuningan, Parameter Konsultindo Akui Hasil Surveinya Selalu Akurat

Terdaftar di KPU Kuningan, Parameter Konsultindo Akui Hasil Surveinya Selalu Akurat

Berita Utama | kuningan.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 14:35
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Lembaga survei Parameter Konsultindo yang baru saja merilis hasil survei elektabilitas untuk Pilkada Kuningan, ternyata sudah resmi terdaftar di KPU Kabupaten Kuningan, Jabar. Lembaga tersebut diketahui telah melakukan pendaftaran lembaga survei ke KPU Kuningan sejak 2 Oktober 2024.

"Kebetulan kami sudah beberapa kali melakukan survei, dan kami memang melakukan survei di Kabupaten Kuningan sejak 2008. Hasilnya bisa dilihat dari rekam jejaknya, mungkin teman-teman media yang senior sudah pernah meliput kami di tahun 2008, hasilnya juga selalu akurat,”kata Direktur Parameter Konsultindo, Dr Agus Aribowo.

Begitu pula di tahun 2013, pihaknya melakukan survei dan juga quick count dengan hasil yang tetap akurat. Hasil yang akurat tersebut bisa dilihat dari rekam jejak pada media massa saat peliputan waktu itu.

"Jadi bisa dilihat rekam jejaknya Parameter Kunsultindo, kami selalu berusaha sebaik mungkin, dan hasil survei kami itu dipublish di media massa. Bahkan di tahun 2018, kami melakukan survei dan hasilnya tetap akurat,” terangnya.

Pihaknya memastikan, jika lembaga surveinya juga resmi terdaftar di KPU Kuningan. Sehigga nantinya, lembaga survei ini pun bisa melakukan penghitungan cepat saat pelaksanaan pilkada.

"Alhamdulillah kita pernah melakukan survei dan quick count di tahun 2013, hasilnya akurat sesuai dengan verifikasi faktual dari KPUD saat itu. Sekarang kita juga sudah mendaftar di KPU Kabupaten Kuningan sebagai lembaga survei, ada sertifikatnya terdaftar resmi dari KPU Kuningan,”ungkapnya.

Sementara Komisioner KPU Kuningan, Aof Ahmad Musyafa saat dikonfirmasi membenarkan, kaitan dengan PT Parameter Kosultindo yang telah mendaftar sebagai lembaga survei untuk Pilkada 2024 di Kuningan. "Iya betul sudah terdaftar di KPU Kuningan,” ucapnya.

Apakah jika telah terdaftar di KPU Kuningan secara resmi nantinya bisa melakukan real count atau hitung cepat saat pelaksanaan pilkada, Ia pun tak menampiknya. "Iya nanti bisa untuk itu (hitung cepat),” singkatnya, Jumat (11/10).

Bahkan PT Parameter Kosultindo juga tertuang dalam sertifikat KPU Kuningan dengan ditandatangani langsung Ketua KPU Kuningan, Asep Budi Hartono.

Sebelumnya, hasil survei Parameter Konsultindo memperlihatkan jika elektabilitas Paslon Ridho-Kamdan nomor 02 paling tinggi yakni 43,8 persen. Sedangkan Paslon Dian-Tuti 35,1 persen dan Paslon Yanuar-Udin 12,8 persen.

Termasuk pula popularitas, Paslon Ridho-Kamdan unggul jauh dengan angka 53,7 persen. Sementara Paslon Dian-Tuti 29,7 persen dan Paslon Yanuar-Udin 11,2 persen.***

Topik Menarik