Klaim Dr. Zul soal SMK dibantah Dr. Jizun

Klaim Dr. Zul soal SMK dibantah Dr. Jizun

Terkini | lombok.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:40
share

LOMBOK, iNewsLombok.id - Calon Gubernur nomor urut 2, Dr Zulkieflimansyah membantah keterangan Calon Gubernur nomor urut 3 Dr Lalu Muhammad Iqbal, dengan menyebutkan data pengangguran dengan latar belakang pendidikan SMK sangat sedikit yaitu 2 persen. Bagaimanakah data yang sebenarnya? Benarkah klaim data pengangguran berlatar belakang SMK paling sedikit?

Berita Resmi Statistik Provinsi NTB No.69/11/52/Th. XVII, 06 November 2023 menyebutkan TPT (tingkat pengangguran terbuka) yang tertinggi yaitu yang berlatar belakang pendidikan SMK (8,24), SMA (4,2), universitas (3,84), diploma (3,72), SMP (2,67), dan SD (0,89). 

Menurut Juru Bicara Iqbal-Dinda Doktor Ahmad Munjizun bahwa Data pada Berita Resmi Statistik tersebut memperlihatkan kecenderungan data TPT berbasis berbagai kategori pendidikan cenderung untuk berkurang kecuali pengangguran yang berlatar belakang pendidikan SMK kecenderungannya meningkat.

“Angka TPT-nya meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ungkap Doktor Muda Amerika yang akrab disapa Jizun, Kamis (24/10/2024) kepada media ini.

 

"Bagaimana cara membaca data TPT tersebut? Misalnya saat disebutkan data TPT untuk SMK 8,24, apa artinya? Artinya dari 100 orang angkatan kerja berlatar belakang SMK, terdapat 8-9 orang penganggur dengan latar belakang pendidikan SMK,"terangnya.

Sedangkan jika disebut TPT dengan latar belakang SMP 2,67, apa artinya? Artinya dari 100 orang angkatan kerja berlatar belakang SMP, terdapat 2-3 orang sebagai penganggur.

Jizun menegaskan bahwa dalam debat resmi, sebaiknya calon gubernur berhati-hati dalam menampilkan data, dan menggunakan data yang official dari lembaga statistik resmi negara yang telah memiliki kredibilitas teruji dalam melakukan pengukuran data di lapangan.

Topik Menarik