Pohon Trembesi Tumbang Timpa Warung di Barat Stasiun Malang Kota Baru

Pohon Trembesi Tumbang Timpa Warung di Barat Stasiun Malang Kota Baru

Terkini | malang.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 21:10
share

Sebuah Pohon Trembesi berukuran besar tumbang Jumat siang, menimpa warung di sisi barat Stasiun Kota Malang.

 

Dua truk dinas lingkungan hidup ( DLH ), beserta belasan personil didatangkan untuk mengevakuasi batang pohon tumbang. besarnya ukuran batang pohon tumbang ini, cukup memakan waktu proses evakuasi. 

 

Tidak ada korban dalam peristiwa pohon tumbang ini, namun sempat ada mobil pengunjung warung tertimpa, namun tidak parah dan langsung meninggalkan lokasi. Sementara Warung Indah Jaya yang tertimpa pohon, mengalami kerusakan di bagian depan nyaris roboh. Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

 

Ahmad hisyam, saksi mata mata mengatakan sebelum pohon tumbang ada tindakan merapikan dahan pohon oleh Petugas Penerangan Jalan Umum ( PJU ). Dan hanya dalam hitungan jam dari proses tersebut, pohon kemudian tumbang.

 

"Kurang lebih jam 10 tadi ada Petugas PJU merapikan ranting Pohon, sisi barat dirapikan, cenderung lebih berat sisi timur." cerita Hisyam.

 

"Dan dalam hitungan jam, pohon trembesi tumbang.", tambahnya.

 

Saat itu, Hisyam yang berprofesi sebagai ojol mengaku sedang mangkal di lokasi menunggu penumpang.

 

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah melalui sambungan telepo, Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, membantah pohon tumbang akibat kelalaian anggotanya. 

 

Dandung Menjelasakan, saat merapikan ranting dan dahan yang menutup penerangan jalan umum sebelumnya, anggotanya sudah melaporkan indikasi pohon rawan tumbang dan merekomendasikan untuk tindakan lebih lanjut pemotongan kepada Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ). Namun belum dilakukan tindakan, pohon trembesi berukuran besar ini tumbang.

 

Terkait kerusakan bangunan bagian depan yang dialami warung, BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup akan membantu pemilik warung untuk mengurus klaim asuransi kerusakan.

 

Topik Menarik