Yasyir Ridho Loebis Serap Aspirasi Pedagang dan Masyarakat di Pasar Sentosa Baru

Yasyir Ridho Loebis Serap Aspirasi Pedagang dan Masyarakat di Pasar Sentosa Baru

Terkini | medan.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Calon Wakil Wali Kota, Medan nomor urut 3, Yasyir Ridho Loebis, mengunjungi Pasar Sentosa Baru, Jalan Sentosa Baru, Kelurahan Seikera Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Rabu (2/10/2024) pagi. Kehadiran Yasyir bersama rombongan disambut oleh mantan Dirut PUD Pasar Medan, Suwarno.

Yasyir yang merupakan pasang dari Calon Wali Kota Medan, Hidayatullah (HIRO) langsung ke dalam Pasar Sentosa Baru disambut para pedagang dan masyarakat yang berbelanja di pasar itu.

"HIRO menang, menang, menang," teriak pedagang saat melihat kedatangan Yasyir di dalam Pasar Sentosa Baru.

Yasyir berdiskusi dengan pedagang dan masyarakat untuk menyerap aspirasi dalam mengembangkan pasar di Kota Medan. Hal itu demi mempersiapkan program kerja apabila dirinya bersama Hidayatullah terpilih di Pilkada Medan 2024 mendatang.

Yasyir juga membeli bahan pokok dari sejumlah pedagang sembari bertanya dengan kondisi harga pangan yang dijual yang masih dalam kategori normal.

Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 3, Yasyir Ridho Loebis, mengungkapkan keluhan emak-emak dari pedagang yang terjerat kredit Mekar.

"Persoalan-persoalan di pasar ini kompleks. Tadi, emak-emak mengeluh terjerat Mekar atau utang. Pasangan HIRO ini akan memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman, namanya Mekar Plus," ujar Yasyir.

"Bedanya kalau Mekar yang lama itu menggunakan bunga. Kalau kita (Mekar Plus) nanti tidak pakai bunga," sambung Yasyir.

 

Yasyir berharap dengan program Mekar Plus ini, bisa membantu masyarakat dan pedagang dan juga bisa menambah kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di Kota Medan.

"Saya yakin kalau pasar-pasar ini bergairah, pertumbuhan ekonomi akan naik di Kota Medan ini. Penataan pasar tetap kita akan lakukan. Ini adalah salah satu sumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD)," terang Yasyir.

Yasyir mengungkapkan bahwa Pasar-Pasar tradisional di Kota Medan, menjadi salah satu lumbung pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang harus diperhatikan Pemerintah Kota (Pemko) Medan kedepannya.

"Pasar ini adalah tempat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ada yang menjual, ada yang membeli barang. Tentunya harapan kita pasarnya lebih baik. Bisa melayani masyarakat. Kemudian masyarakat juga bisa melakukan perdagangan dengan lebih baik. Mudah-mudahan terjadi peningkatan ekonomi," ujar Yasyir.

"Pertumbuhan ekonomi itu kan dihasilkan dari konsumtif masyarakat, beli beras, cabai, garam, gula. Itu kan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Minimal 60 persen itu bisa dihasilkan dari jual-beli yang dilakukan masyarakat," sambung Yasyir.

Dalam meningkatkan kesejahteraan pedagang di pasar-pasar di Kota Medan. Yasyir mengatakan HIRO memiliki program satu keluarga satu sarjana. Sehingga keluarga pedagang mendapatkan beasiswa pendidikan dan hidupnya terus meningkat dalam kesejahteraan ekonominya.

"Beasiswa itu harus diberikan kepada semua orang, termasuk kepada pedagang. Anak-anak pedagang ini kan bagian dari masyarakat yang ada di Kota Medan. Maka wajib bagi kita memberikannya," ucap Yasyir.

Yasyir mengatakan untuk anak-anak di Kota Medan, dari SD, SMP, SMA, termasuk kuliah, akan diberikan beasiswa oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan ke depan, bila HIRO terpilih di Pilkada serentak 2024 ini.

 

"Supaya anak-anak pedagang ini juga bisa jadi sarjana. Kita mempunyai program 'Satu Keluarga, Satu Sarjana'. Program ini bakal diterapkan secara berkeadilan. Pedagang ini kan salah satu unsur keluarga di Kota Medan," kata Yasir.

Yasyir menjelaskan bahwa ada dana dari APBD Medan sekitar 20 persen, yang dia nilai diwajibkan dialokasiikan ke pendidikan. Itu harus dialokasikan dengan benar-benar.

"Pasangan HIRO akan memberikan beasiswa sebesar-besarnya. Jadi alokasi dana yang 20 persen ini untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini lah program kita, memanusiakan manusia. Supaya masyarakat Kota Medan ini mampu hidup lebih layak, baik, di masa-masa yang akan datang," jelas Yasyir.

Sementara itu, mantan Dirut PUD Pasar Medan, Suwarno menilai sosok Hidayatullah dan Yasyir Ridho Loebis, merupakan pemimpin peduli dengan kesejahteraan pedagang di Kota Medan.

"Pak Yasyir Ridho, inilah calon kuat kami dari seluruh pedagang Kota Medan. Kami siap mendukung, seluruh pasar Kota Medan untuk memenangkan pasangan nomor 3," ucap Suwarno disamping Yasyir Ridho Loebis.

Suwarno mengatakan bahwa pihaknya, menilai program-program HIRO sangat menarik dan program pasangan HIRO sangat dibutuhkan oleh pedagang-pedagang yang ada di Kota Medan.

"Masalah Perda Zonasi PKL, saya yakin Pasangan HIRO pasa bisa menjalankannya lebih baik. Kuta sudah melakukan konsolidasi ke pasar-pasar di Kota Medan. Kita akan keliling setiap hari ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Medan," tandas Suwarno.

Topik Menarik