Bawaslu Deliserdang Dorong Media untuk Perkuat Pengawasan dan Edukasi Pemilih di Pemilu 2024 

Bawaslu Deliserdang Dorong Media untuk Perkuat Pengawasan dan Edukasi Pemilih di Pemilu 2024 

Terkini | medan.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 07:40
share

DELISERDANG, iNewsMedan.id– Bawaslu Deliserdang menggelar kegiatan  bertajuk “Peran Media untuk Meningkatkan Pengawasan Partisipatif dalam Tahapan Pemilihan Tahun 2024” yang berlangsung pada Jumat (25/10/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak media berperan aktif dalam memberikan informasi yang tepat dan membangun guna mendukung terciptanya pemilu yang bersih dan damai. 

Kadiv Pencegahan, Humas, dan Parmas Bawaslu Deliserdang, Hendri Sinaga, dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama antara media dan Bawaslu untuk menangkal isu-isu negatif terkait penyelenggaraan pemilu. 

“Kami berharap kawan-kawan media bisa mengekspos berita-berita positif agar masyarakat tidak terprovokasi oleh isu yang menyesatkan,” ujarnya. 

Ketua Bawaslu Deliserdang, Febryandi Ginting, turut menyampaikan pentingnya pengawasan partisipatif dalam proses pemilihan. 

“Media memiliki peran strategis sebagai penyeimbang informasi. Kami berharap media dapat memberikan kritik dan saran yang membangun, bukan hanya melaporkan hal-hal positif, tetapi juga mengevaluasi kebijakan yang ada untuk mencegah penyimpangan,” ungkapnya. 

Febryandi juga menambahkan bahwa Bawaslu berkomitmen menjalankan tugasnya secara transparan dan netral. 

"Kami terus berupaya agar seluruh proses pemilihan berlangsung sesuai dengan prinsip demokrasi. Oleh karena itu, kami memerlukan dukungan dari media untuk menjaga netralitas dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat," tegasnya. 

Acara ini diakhiri dengan diskusi yang berlangsung interaktif dengan menghadirkan jurnalis senior, Idris Pasaribu, sebagai narasumber. Ia menyoroti pentingnya independensi media dalam pelaksanaan Pilkada, serta peran jurnalis dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas pemilu. 

Acara ini dihadiri oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Deliserdang, Sri Afrina Harahap, dan jajaran Bawaslu Deliserdang, serta perwakilan media di Deliserdang. 

Topik Menarik