Panitia Pastikan Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus Sudah 100

Panitia Pastikan Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus Sudah 100

Nasional | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 15:39
share

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan persiapan untuk menyambut pemimpin Vatikan sudah mencapai 100.

"Paus Fransiskus dijadwalkan akan hadir persiapan itu sudah hampir 100 persen semuanya sudah full. Jadi persiapannya sudah final tidak ada perubahan lagi sekarang semua dalam koordinasi tinggal pelaksanaan," ujar Romo Thomas kepada wartawan di Gereja Katedral Jakarta, Senin (2/9/2024).

Baca juga:Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, JK: Suatu Kehormatan, Terima dengan Baik

Lebih lanjut, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mengambil bagian dalam persiapan ini menyambut kedatangan Paus ke Indonesia. Dia pun meminta doa kepada masyarakat Indonesia agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

"Mohon doanya semoga lancar doa tak berkesudahan dari Gereja Katolik Indonesia umat-umatnya. Bahkan kami punya tim doa 24 jam untuk kegiatan ini lancar," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia, Ignasius Jonan mengatakan bahwa Paus Fransiskus merupakan pribadi yang bersahaja. Sehingga nantinya Paus menginap di Kedutaan Vatikan di Indonesia dan dijemput menggunakan mobil sederhana.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zennix ya. Kalau (Maung) yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau misa di GBK gitu," jelasnya.

"Intinya Bapak Paus akan menginap di Kedutaan Besar Vatikan jadi tidak menginap di hotel dan juga dari situ acaranya sudah dilaporkan," sambungnya.

Baca juga:Polri Sebut 86.000 Undangan Bakal Hadiri Misa Bersama Paus Fransiskus di GBK

Meski begitu, personel gabungan dari aparat keamanan TNI-Polri turut dikerahkan. "Keamanan sih dari TNI-Polri segala macem 3.000 lebih lah," tuturnya.

Topik Menarik