Pembentukan Direktorat PPA-PPO Langkah Progresif untuk Pemulihan Korban

Pembentukan Direktorat PPA-PPO Langkah Progresif untuk Pemulihan Korban

Nasional | sindonews | Senin, 23 September 2024 - 18:07
share

Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia ( PBHI ) menyambut baik pembentukan Direktorat Tindak Pidana Perempuan dan Anak serta Perdagangan Orang (PPA-PPO). Kebijakan ini merupakan terobosan besar dalam memperkuat perlindungan bagi perempuan dan anak sebagai kelompok paling rentan terhadap TPPO .

"PBHI memandang langkah ini sebagai bukti komitmen serius Polri dalam memberantas kasus PPA-PPO dengan pendekatan yang berpusat pada korban. Langkah ini juga sejalan dengan prinsip victim-centered justice yang menempatkan hak-hak korban sebagai prioritas utama," kata Divisi Advokasi Annisa Azzahra dalam keterangannya, Senin (23/9/2024).

Menurut Annisa, PBHI berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan Direktorat PPA-PPO dalam berbagai upaya perlindungan dan pemulihan korban. Sinergi antara masyarakat sipil, APH, dan instansi terkait sangat krusial untuk membangun sistem yang lebih responsif terhadap kebutuhan korban.

Dengan langkah-langkah ini, PBHI berharap adanya perubahan nyata dalam penanganan kasus TPPO di Indonesia. Di mana hak-hak korban tidak lagi terabaikan, dan pemulihan menjadi fokus utama dalam proses peradilan.

Topik Menarik