Buka Peparnas XVII 2024, Jokowi Sebut Ajang Itu Sebagai Sebuah Kesetaraan

Buka Peparnas XVII 2024, Jokowi Sebut Ajang Itu Sebagai Sebuah Kesetaraan

Nasional | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 01:00
share

SOLO – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Stadion Manahan Solo, Minggu (6/10/2024) malam. Menurutnya ajang tersebut adalah panggung kesetaraan bagi penyandang disabilitas. 

Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menpora Dito Aritedjo, PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dan sejumlah pejabat lain. 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Peparnas ke-17 saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa upacara pembukaan Peparnas XVII sangatlah istimewa. Ia mengaku sengaja terbang dari Ibu Kota Negara (IKN) untuk membuka acara tersebut. 

"Buat saya, Peparnas ini spesial, tadi siang saya terbang dari IKN Nusantara ke Solo khusus untuk pembukaan Peparnas ini. Khusus untuk bertemu para atlet dan official peserta Peparnas dan saya senang bertemu bapak ibu saudara malam ini," katanya. 

Jokowi juga mengatakan perlu bagi semua orang berbangga atas prestasi para atlet disabilitas. Pasalnya, mereka banyak mencetak prestasi di tingkat internasional.

"Kita semua patut berbangga karena para atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juangnya luar biasa, prestasinya juga sangat membanggakan," katanya. 

 

"Di ajang Asean Para Games Indonesia juara umum 3 kali berturut turut. Yaitu Asean Para Fames 2017 2022 dan 2023," katanya menambahkan. 

Menurut Jokowi Peparnas bukan hanya sebagai ajang mencari atlet potensial. Namun, juga sebagai panggung kesetaraan bagi para atlet disabilitas. Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar pelaksanaan Peparnas dilaksanakan dengan suasana kompetisi persaudaraan dan sportif. 

"Oleh sebab itu, mari kita sukseskan Peparnas yang tidak hanya sebagai ajang atlet potensial para pencetak rekor rekor baru. Tapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi para atlet disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," 
"Mari bertanding dengan suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas," tutup dia. 

Ajang Peparnas XVII 2024 rencananya akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 13 Oktober 2024. Mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor) dengan peserta mencapai 5.178 altet dari 35 provinsi di Indonesia.

Topik Menarik