Solo Documentary Film Festival 2024 Kembali Digelar, Ramaikan Kompetisi Film Nasional

Solo Documentary Film Festival 2024 Kembali Digelar, Ramaikan Kompetisi Film Nasional

Nasional | badung.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 23:40
share

SOLO, iNewsbadung.id - Solo Documentary (Sodoc) Film Festival 2024 kembali digelar, ramaikan kompetisi film nasional. 

Gelaran ke-5 ini disebutkan Annisa Surya Dani, Direktur Festival Sodoc Film Festival mendapatkan banyak dukungan, tidak hanya dari pemerintah kota yakni Dinas Pariwisata Kota Surakarta., tetapi juga Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
 
Digelar selama tiga hari, mulai Kamis (17/10/2024) sampai Sabtu (19/10/2024), Sodoc Film Festival dikatakan Annisa Surya Dani, dibagindalam beberapa program pemutaran, yakni Kompetisi Pelajar (Layar Liwet), Kompetisi Mahasiswa (Layar Selat), Eksibisi Solo (Layar Tengkleng), Eksibisi Umum (Layar Brambang Asem), Sodoc Child, Layar Dhayoh, Layar Bancakan dan Layar Spesial Difabel.

Sedangkan program non pemutaran terdiri dari FYP (Forum Yang Peripurna), Creative Sharing dan  Awarding. 

Perempuan yang akrab disapa Dani ini menambahkan, program-program ini sengaja diberi nama dengan makanan khas Kota Solo, karena Solo Documentary Film Festival ingin memperkenalkan ciri khas Kota Solo (Surakarta). 

Dani menambahkan, tahun 2024 Sodoc Film Festival mengangkat tema “Komunal”, yang berarti milik rakyat atau segala sesuatu yang dimiliki bersama. 

 

Harapannya, Solo Documentary Film Festival dapat lebih dimiliki masyarakat luas di Indonesia dari berbagai kalangan, terlebih di Jawa Tengah, terkhusus Kota Solo.

"Sodoc Film Festival juga berupaya di setiap kehadirannya tidak hanya meningkatkan kuantitas, tetapi juga kualitas, baik dari segi penyelenggaraan, segi tontonan, segi penonton dan segi pembuat film yang berpartisipasi," urai Dani, saat jumpa pers, di Rumah Banjarsari, Kota Solo, Kamis (17/10/2024). 

Ditegaskan Dani, Solo Documentary Film Festival dapat menjadi alternatif penambahaan wawasan bagi masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa melalui menonton film.

Untuk memeriahkan kegiatan ini, juga diwarnai pameran fotografi yang dapat ditonton sepanjang perjalanan masuk, menggandeng Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Pengcab Kota Surakarta. 

Semoga tulisan tentang Solo Documentary Film Festival 2024 Kembali Digelar, Ramaikan Kompetisi Film Nasional, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik