Taiwan Sebut China Sita Kapal Nelayan di Dekat Pantai China

Taiwan Sebut China Sita Kapal Nelayan di Dekat Pantai China

Global | okezone | Rabu, 3 Juli 2024 - 15:30
share

TAIPEI Taiwan mengatakan para pejabat Tiongkok atau China menaiki dan kemudian menyita kapal nelayan Taiwan yang beroperasi di dekat pantai Tiongkok dekat pulau yang dikuasai Taiwan pada Selasa (2/7/2024) malam dan membawanya ke pelabuhan Tiongkok.

Tiongkok memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan telah meningkatkan tekanan terhadap Taipei sejak Presiden Lai Ching-te menjabat pada bulan Mei, seorang pria yang dituduh Beijing sebagai separatis.

Penjaga pantai Taiwan mengatakan kapal penangkap ikan cumi-cumi itu berada di dekat kepulauan Kinmen yang dikelola Taiwan, yang terletak di sebelah kota Xiamen dan Quanzhou di Tiongkok, namun berada di perairan Tiongkok pada Selasa (2/7/2024) malam ketika kapal tersebut ditumpangi dan disita oleh dua kapal administrasi maritim Tiongkok.

Kapal Taiwan itu beroperasi selama periode larangan menangkap ikan di Tiongkok. Penjaga pantai menambahkan bahwa Taiwan akan berkomunikasi dengan Tiongkok dan mendesak mereka untuk melepaskan para nelayan tersebut sesegera mungkin.

Kantor Urusan Taiwan Tiongkok tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Taiwan mengirim kapal penjaga pantainya sendiri untuk membantu dan menyiarkan peringatan yang meminta Tiongkok melepaskan kapal penangkap ikan tersebut, namun kapal Tiongkok membalas dengan mengatakan tidak ikut campur.

Kapal-kapal Taiwan kemudian mundur untuk menghindari konflik dan kapal penangkap ikan Taiwan kemudian dibawa ke pelabuhan Tiongkok. Adapun tiga dari lima nelayan tersebut adalah pekerja migran Indonesia.

Wakil Direktur Jenderal Administrasi Penjaga Pantai Taiwan Hsieh Ching-chin mengatakan kepada wartawan di Taipei bahwa Tiongkok harus menjelaskan mengapa mereka menyita kapal tersebut, dan menekankan bahwa dalam kasus-kasus sebelumnya, para nelayan telah dibebaskan setelah membayar denda ketika beroperasi selama musim larangan menangkap ikan di Tiongkok.

Kapal nelayan Taiwan perlu meningkatkan tingkat kewaspadaan mereka dan penjaga pantai juga akan memperkuat patrolinya.

“Penjaga pantai juga menyerukan pihak daratan untuk tidak menggunakan faktor politik untuk menangani situasi ini,” kata Hsieh.

Topik Menarik