UEFA Beda Sikap dalam Beri Sanksi di Euro 2024: Merih Demiral Dilarang Main 2 Laga, Jude Bellingham Cuma 1 Pertandingan

UEFA Beda Sikap dalam Beri Sanksi di Euro 2024: Merih Demiral Dilarang Main 2 Laga, Jude Bellingham Cuma 1 Pertandingan

Terkini | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 22:17
share

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) beda sikap dalam memberi sanksi ke dua pemain di Euro 2024 . Kepada pemain Timnas Turki, Merih Demiral , dia terkena hukuman larangan main di 2 laga. Sementara kepada bintang Timnas Inggris, yaki Jude Bellingham, dia cuma terkena sanksi larangan bermain di satu laga.

Merih Demiral dan juga Jude Bellingham dapat hukuman karena kasus yang sama. Keduanya dihukum karena melakukan selebrasi kontroversial usai mencetak gol di babak 16 besar.

Merih Demiral melakukannya di laga Timnas Turki melawan Austria pada babak 16 besar Euro 2024. Dalam laga itu, Turki sukses menang dengan skor 2-1. Demiral pun mencetak fua gol dalam laga itu.

Girang bukan main bisa membawa timnya lolos ke perempatfinal Euro 2024, Demiral meluapkan kegembiraan lewat selebrasi di lapangan. Dia berselebrasi berbau politik dengan simbol serigala.

Aksi Demiral pun dikaitkan dengan Grey Wolves yang merupakan grup sayap kanan Turki. Tak ayal, aksinya pun dianggap sebagai tindakan rasialisme di Jerman.

Buntutnya, Demiral terkena sanksi dari UEFA berupa larangan bermain di 2 laga. Hukuman tersebut pun berlaku untuk Demiral sejak laga perempatfinal Euro 2024 yang akan dilakoni Turki pada Minggu 7 Juli 2024 dengan melawan Belanda.

Bahkan, Demiral juga akan absen membela Turki jika timnya berhasil lolos ke semifinal. Padahal, pihak Turki dan juga Demiral telah menjelaskan bahwa selebrasinya itu merupakan ekspresi normal, tak berkaitan dengan gestur apa pun.

"Karena gagal mematuhi prinsip-prinsip umum perilaku, karena melanggar aturan dasar perilaku yang layak, karena menggunakan acara olahraga untuk manifestasi yang bersifat non-olahraga dan karena menjelek-jelekkan sepak bola," bunyi pernyataan UEFA soal hukuman kepada Demiral, dikutip Jumat (5/7/2024).

Topik Menarik