Olahraga di Akhir Pekan Sama Manfaatnya dengan Latihan Setiap Hari, Ini Penjelasannya

Olahraga di Akhir Pekan Sama Manfaatnya dengan Latihan Setiap Hari, Ini Penjelasannya

Terkini | okezone | Senin, 30 September 2024 - 10:00
share

KEBANYAKAN orang sangat kesulitan menyempatkan waktu untuk berolahraga dalam sepekan akibat aktivitasnya yang pada. Namun, salah satu studi baru-baru ini memberikan kabar baik bagi Anda yang hanya bisa berolahraga di akhir pekan.

Ternyata, aktivitas fisik yang dilakukan hanya di akhir pekan, atau sering disebut sebagai pejuang akhir pekan (weekend warrior), sama bermanfaatnya dengan olahraga harian bagi kesehatan.

Merangkum dari Miami Helard pada Senin (30/9/2024), penelitian yang melibatkan hampir 90 ribu peserta di Inggris menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga hanya di akhir pekan memiliki manfaat kesehatan yang hampir setara dengan orang yang melakukan latihan sepanjang minggu.

Studi ini mengamati risiko lebih dari 200 penyakit, termasuk penyakit jantung, masalah pencernaan, hingga kondisi mental. Menurut, Ahli Jantung dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, dr. Shaan Khurshid kunci utamanya adalah jumlah total waktu olahraga dalam seminggu, bukan kapan kamu melakukannya.

“Sepertinya volume total latihan, bukan kapan kita melakukannya, yang paling penting,” kata Khurshid.

Ini berarti, selama kamu bisa mencapai 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu, baik dengan menyebarkannya selama seminggu atau memadatkannya di akhir pekan Anda tetap bisa meraih manfaat kesehatan yang besar.

Misalnya, bersepeda atau berlari selama 75 menit pada hari Sabtu dan Minggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit serius.

Mengapa Ini Kabar Baik?

Bagi mereka yang memiliki jadwal yang sibuk, temuan ini adalah kabar gembira. Tidak perlu merasa bersalah jika kamu tidak bisa berolahraga setiap hari. Cukup luangkan waktu di akhir pekan untuk latihan intens, dan kamu tetap bisa menjaga kesehatanmu.

Topik Menarik