Ditinggal AS, Begini Nasib Proyek Kebanggaan Jokowi

Ditinggal AS, Begini Nasib Proyek Kebanggaan Jokowi

Terkini | okezone | Senin, 30 September 2024 - 13:14
share

JAKARTA - Nasib proyek kebanggaan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni hilirsasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). Gasifikasi batu bara (Dimethyl Ether/DME) tengah dikembangkan Pemerintah sebagai energi alternatif pengganti Liquified Petroleum Gas (LPG) untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Penggunaan DME diharapkan juga dapat mengurangi impor LPG.

Komisaris Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Irwandy Arif mengatakan, hingga kini pihaknya belum mendapatkan pengganti usai perusahaan asal Amerika, Air Products and Chemical Inc memutuskan untuk hengkang dari proyek hilirisasi batu bara yang menggandeng PTBA dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) tersebut. Lantaran proyek ini masih dalam tahap penjajakan awal dengan berbagai perusahaan potensial.

"Belum. Belum ada tanda-tanda (pengganti Air Products)," kata Irwandy ketika ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Irwandy juga menyatakan bahwa belum ada kesepakatan apapun dengan China yang sebelumnya juga digadang-gadang tertarik untuk berinvestasi di proyek hilirisasi batu bara di Indonesia ini.

"Enggak ada. Kalau DME belum ada. baru penjajakan yang sangat awal. Masih karena proses baru awal sekali," pungkas Irwandy.

 

Topik Menarik