Bus Paspampres Tabrak Halte Transjakarta, Ini Penyebabnya

Bus Paspampres Tabrak Halte Transjakarta, Ini Penyebabnya

Terkini | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 07:24
share

JAKARTA - Bus pasukan pengamanan Presiden (Paspampres) mengalami kecelakaan tunggal dengan menabrak Halte Transjakarta Petamburan, Jakarta Pusat, pada Senin 30 September 2024 kemarin.

"Bahwa benar pada hari Senin tgl 30 September 2024 sekitar pukul 16.45 WIB telah terjadi Kecelakaan tunggal Bus Paspampres di Halte Busway Petamburan Jakarta, dimana Bus Paspampres menabrak pilar Halte Busway," kata Asintel Danpaspampres, Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangannya, Selasa (1/10/2024).

"Kecelakaan tunggal di atas terjadi diakibatkan karena rem kendaraan blong," tambahnya.

Herman menjelaskan, pada saat kejadian jalanan sedikit menurun. Dan untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, maka supir memasukkan bis ke jalur Transjakarta.

"Saat itu jalan sedikit menurun, dan untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya, maka sopir berinisiatif memasukkan kendaraannya ke jalur Busway karena sudah tidak terkendali sehingga Bus menabrak pilar Halte Busway," jelasnya.

 

Herman bersyukur dalam insiden kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kendaraan Bus Paspampres mengalami rusak berat bagian depan. Sekitar pukul 19.00 WIB, Bis dapat dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke Mako Paspampres.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada Masyarakat pengguna jalan atas insiden diatas yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam berlalu lintas karena kemacetan akibat dari kecelakaan," Herman.

"Semoga kejadian Laka Lalin ini tidak menimpa kepada yang lain, serta kita harus selalu berhati hati dalam berkendaraan," tandasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Ayu Wardhani memastikan layanan Halte Transjakarta Petamburan arah Pluit kembali normal. Proses evakuasi bus milik Paspampres selesai pada Senin (30/9/2024) sekira pukul 19.04 WIB.

"Betul, sudah kembali pelayanan. Sudah kembali normal," kata Ayu saat dikonfirmasi.

"Jam 19.04 WIB. Bus perdana pelayanan kembali, MYS 17105," tambahnya.

Sebelumnya, Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Diella, membenarkan adanya bus Paspampres menabrak Halte Transjakarta. Menurut dia, petugas sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan.

"Saat ini, dalam penanganan, anggota juga masih di lapangan," kata Kompol Diella.

Topik Menarik