Miliki Bintik-Bintik Kecil di Pergelangan Tangan? Ini Penjelasan Dermatolog

Miliki Bintik-Bintik Kecil di Pergelangan Tangan? Ini Penjelasan Dermatolog

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 10:00
share

SEBUAH Unggahan di media sosial menjadi viral ketika banyak orang mulai menyadari bahwa mereka semua memiliki bintik kecil yang sama di pergelangan tangan.

Sejak unggahan tersebut, lebih dari 12 ribu pengguna terlibat dalam percakapan, mengungkapkan bahwa mereka juga memiliki bintik yang serupa. Kejadian ini menimbulkan pertanyaan tentang penyebab di balik kesamaan bintik-bintik tersebut.

Melansie dari Vt.co, Rabu (2/10/2024), seorang Dermatologis, dr. Joyce Park menjelaskan bahwa bintik-bintik tersebut merupakan area kulit yang memiliki lebih banyak pigmen atau melanin akibat paparan sinar UV. Daerah yang paling sering terpapar sinar matahari adalah lengan bawah, pergelangan tangan, dan tangan.

Aktivitas sehari-hari seperti mengemudikan mobil, berjalan di luar, atau bersantai di hari yang cerah sering membuat pergelangan tangan dan tangan terpapar sinar UV. Banyak orang lupa mengoleskan sunscreen di area ini, lebih memilih untuk mengaplikasikannya di wajah dan bahu.

Selain itu, dr. Joshua Zeichner seorang dermatologi lainnya, memberikan sudut pandang berbeda. dia berpendapat bahwa bintik-bintik tersebut mungkin bukan bintik biasa, melainkan tahi lalat atau tanda kecantikan yang merupakan pertumbuhan sel pigmen yang tidak berbahaya.

Menurutnya, kebanyakan orang mungkin memiliki setidaknya satu tahi lalat di lengan mereka. Meskipun bintik-bintik di pergelangan tangan dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, tahi lalat juga dapat muncul di area mana pun di kulit.

Topik Menarik