6 Vitamin dan Suplemen untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

6 Vitamin dan Suplemen untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

Berita Utama | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 03:45
share

MATA adalah salah satu aset yang harus dijaga. Cara yang paling mudah dilakukan untuk memperoleh mata yang sehat adalah dengan memanfaatkan asupan makanan dan suplemen harian.

Dengan mata yang sehat, seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Lantas nutrisi apa saja yang diperlukan untuk menunjang kesehatan mata?

Merangkum dari Cnet, Kamis (3/10/2024) berikut enam nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Yuk disimak!

1. Vitamin A

Vitamin A mendukung penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan keseluruhan. Nutrisi ini membantu produksi pigmen di retina, yang memungkinkan Anda melihat spektrum cahaya lengkap. Sumber vitamin A meliputi salmon, brokoli, sereal yang diperkaya, telur, dan wortel. Wortel, kaya beta karoten, sangat dikenal baik untuk mata.

2. Vitamin C

Vitamin C berfungsi seperti tabir surya untuk mata, melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Nutrisi ini juga berpotensi menurunkan risiko katarak. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari kangkung, brokoli, jeruk, lemon, dan stroberi. Untuk melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan, selalu gunakan kacamata hitam dan topi.

Cara menjaga kesehatan mata

3. Asam Lemak Omega 3

Omega 3, yang ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon dan tuna, sangat dianjurkan untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula dan membantu mencegah mata kering. Sumber lain omega-3 termasuk biji chia, biji rami, dan kenari.

4. Vitamin E

Sebagai antioksidan, vitamin E membantu melindungi retina dari radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula. Makanan kaya vitamin E termasuk biji bunga matahari, kacang almond, dan sayuran berdaun hijau.

 

5. Seng

Seng berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu kesehatan mata. Nutrisi ini bekerja sama dengan vitamin A untuk menciptakan melanin, pelindung alami mata. Sumber seng meliputi daging, kerang, biji labu, dan telur.

6. Lutein dan Zeaxanthin

Karotenoid ini penting untuk melindungi mata dari kerusakan. Ditemukan dalam sayuran berwarna cerah seperti kangkung dan bayam, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mencegah degenerasi makula. Asosiasi Optometri Amerika merekomendasikan konsumsi harian sebesar 10mg lutein dan 2mg zeaxanthin.

Mengintegrasikan vitamin dan suplemen ini ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata dengan lebih baik. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai suplemen baru untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Topik Menarik