Pemilihan Jenis Wadah Bisa Pengaruhi Cita Rasa Kopi, Ini Penjelasannya

Pemilihan Jenis Wadah Bisa Pengaruhi Cita Rasa Kopi, Ini Penjelasannya

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 05:30
share

KOPI menjadi salah satu minuman yang digemari masyarakat dunia. Cita rasa yang khas dan proses pembuatan kopi yang panjang, membuat minuman yang satu ini sangat menarik untuk dikulik.

Meski terlihat sederhana, namun untuk menikmati segelas kopi yang berkualitas tidaklah mudah. Ada beberapa cara unik dan penuh seni untuk memunculkan rasa dari setiap biji kopi yang diolah.

Manajer sekaligus Barista Sumthin'Else, Jeffta Handoko, mengatakan bahwa kopi manual brew bisa disajikan dengan dua gelas yang berbeda. Kedua gelas tersebut dapat memberikan cita rasa yang berbeda bagi orang yang mengonsumsinya.

"Jadi yang pertama itu adalah aroma cup. Anda bisa dapatin intensitas aroma dan juga sweetness dari kopinya karena lebih di elevate lagi. Sementara pada gelas yang kedua yaitu flavor cup dimana Anda bisa dapatin rasa kopinya itu lebih bright dan kompleks," tutur Jeffta saat diwawancarai Okezone, Rabu 2 September 2024.

Cara mengolah kopi yang baik. (Foto: Okezone/ Leonardus Selwyn)

Lebih dalam, Jeffta mengatakan dua gelas yang dipilih untuk menikmati kopi, memiliki mekanisme yang berbeda ketika digunakan. Perbedaan mekanisme ini yang berpengaruh dalam memberikan cita rasa yang berbeda pada kopi tersebut.

"Nah seperti kita tahu, kopi yang masuk ke lidah kita pun berbeda karena shape atau bentuk gelasnya. Bentuk gelas ini menyebabkan kopi mengenai bagian lidah yang berbeda ketika meminumnya," tuturnya.

Ketika seseorang mengonsumsi kopi dengan aroma cup, maka akan jatuh ke bagian tengah menuju belakang lidah. Bagian tengah lidah sensitif terhadap semua rasa, sementara bagian belakang lebih peka terhadap pahit.

"Untuk flavor cup akan jatuh pada bagian depan lidah yang lebih peka dengan rasa manis. Sehingga dengan satu kopi yang sama, Anda bisa mendapatkan dua experience rasa yang berbeda," katanya.

Topik Menarik