Tukin PNS Kemenhub Bisa Naik 100

Tukin PNS Kemenhub Bisa Naik 100

Berita Utama | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:35
share

JAKARTA – Tunjangan Kinerja (Tukin) PNS Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dipastikan naik. Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan hal itu karena Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan jajarannya berhasil memangkas aplikasi dari 300 menjadi 9 aplikasi.

Katanya, dengan pemangkasan aplikasi ini maka Menhub telah memenuhi tolak ukur reformasi birokrasi yang berorientasi pada efisiensi pelayanan.

"Oh Kemenhub, sudah-sudah. karena salah satunya selain angka sudah sesuai, Kemenhub telah mensimplifikasi aplikasi dari 300 lebih menjadi 9 aplikasi sudah memenuhi," jelas Anas ketika ditemui di Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sebelumnya, Anas bercerita bahwa dirinya kerap didatangi sejumlah menteri yang meminta kenaikan tukin ini di mana salah satunya merupakan Menhub Budi.

Namun permintaan tukin itu ditolak Anas karena Kemenhub saat itu terlalu memiliki banyak aplikasi. Anas pun mendesak Budi untuk memangkas aplikasi di Kemenhub agar tukinnya naik.

"Beberapa waktu lalu Pak Menhub menemui kami terus agar tukinnya naik 100 persen. Saya sampaikan, dari beberapa nilai, aplikasinya masih terlalu banyak. Kalau aplikasinya dikurangi dan memenuhi SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, salah satu prosedur penilaian tukin), tukinnya bisa naik 100 persen," terang Anas dalam acara SAKIP Award 2024 di Hotel Bidakara.

Topik Menarik