Hasil Survei 3 Lembaga, Elektabilitas RK-Suswono Berada di Puncak

Hasil Survei 3 Lembaga, Elektabilitas RK-Suswono Berada di Puncak

Terkini | okezone | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 06:36
share

JAKARTA - Pasangan cagub-cawagub Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menduduki puncak elektabilitas berdasar hasil survei tiga lembaga, dan unggul dari dua nama cagub-cawagub lain pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu terlihat dari hasil berbagai lembaga seperti survei Charta Politika Indonesia yang dilakukan pada 19 hingga 24 September 2024, dan memperlihatkan pasangan RIDO menjadi pilihan masyarakat untuk memimpin Jakarta. 

"Kalau kita lihat Kang Emil-Suswono masih memimpin dengan 48,3 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya kepada wartawan, dikutip Jumat (4/10/2024).

Sementara pasangan Pramono Anung-Rano Karno berada di posisi kedua dengan elektabilitas 36,5 persen dan posisi ketiga Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,6 persen. 

Meski gap elektabilitas ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta itu cukup besar, Winarto menyampaikan persaingan masih cukup ketat. Khususnya antara pasangan RIDO dengan Pramono Anung-Rano Karno. 

Menurutnya, kedua pasangan peserta pilkada di Jakarta tersebut punya peluang untuk mendapatkan elektabilitas dengan angka yang memenuhi syarat menjadi pemenang dalam satu putaran. Yakni 50 persen plus satu. 

Adapun jasil survei Charta Politik melibatkan suara dari 1.200 responden yang dipastikan memiliki hak pilih dalam pilkada Jakarta tahun ini. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. 

 

Angka margin of error dari survei tersebut berada pada kisaran 2,83. Charta Politika memastikan bahwa ribuan responden dalam survei tersebut berasal dari enam wilayah administrasi di Jakarta. Baik Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, maupun Kepulauan Seribu.

Hasil survei Charta Politika juga selaras dengan dua lembaga survei lainnya. Pada Rabu, 18 September 2024, Lembaga Survei Indonesia (LSI) turut memotret bahwa pasangan RIDO merajai hasil survei dengan persentase elektabilitas mencapai 51,8 persen. 

Kemudian, pada Jumat 27 September 2024, Poltracking Indonesia juga telah mempublikasi hasil survei yang mereka lakukan terhadap 1.200 pemilik suara di Jakarta. 

Hasilnya elektabilitas pasangan RIDO mencapai angka 47,5 persen. Unggul dibandingkan dengan Pramono Anung-Rano Karno dengan persentase elektabilitas 31,5 persen. Angka itu juga selisih tebal dibandingkan elektabilitas Dharma Pongrekun-Kun Wardana pada 5,1 persen.

Topik Menarik