Viral Warga Desa Berangkat Umrah Bareng Berkat Menabung Bersama-sama

Viral Warga Desa Berangkat Umrah Bareng Berkat Menabung Bersama-sama

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 09:13
share

VIRAL warga Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bisa berangkat umrah bersama-sama berkat menabung bareng. Dilaporkan, mereka menabung selama lima tahun.

Warga desa di Jombang ini menabung umrah dengan jumlah yang bervariasi. Ada yang Rp30 ribu hingga Rp100 ribu dalam satu hari.

"Kami menabung sedikit demi sedikit. Kadang hanya Rp30 ribu atau Rp50 ribu, tapi kalau ada rezeki lebih bisa sampai Rp100 ribu dalam sehari," tutur Nur Mahmudi, salah satu warga yang berangkat umrah, dikutip dari unggahan viral akun Instagram @abouthetic, Sabtu (5/10/2024).

Inisiatif warga desa menabung umrah secara bersama-sama ini digagas kepengurusan tabungan haji dan umrah yang dibentuk NU Ranting Desa Genukwatu. Supriyanto, ketua panitia pemberangkatan umrah, mengungkapkan ide ini bermula dari obrolan santai saat mereka melakukan ziarah ke makam aulia.

"Awalnya hanya candaan, 'Enak kali ya kalau umrah bareng warga satu desa'," katanya.

Namun, candaan itu diseriusi oleh pengurus desa yang kemudian membentuk tim untuk mengelola tabungan umrah.

Supriyanto menjelaskan sampai saat ini ada sekira 200 orang yang menabung umrah dengan jumlah uang yang ditabung bervariasi setiap harinya.

Tahun lalu, 55 warga berhasil berangkat umrah bersama. Sementara tahun ini, 35 orang mengikuti jejak warga sebelumnya.

"Alhamdulillah, tahun ini kami bisa berangkat lagi," ujar Nur Mahmudi dengan penuh syukur. 

Topik Menarik