Madrasah Terpadu dengan Fasilitas Lengkap Siap Dibangun di IKN

Madrasah Terpadu dengan Fasilitas Lengkap Siap Dibangun di IKN

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 11:01
share

MADRASAH Terpadu siap dibangun di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. Pembangunannya tengah disiapkan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama bersama Otorita IKN. 

Rencananya jenjang pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA) berada dalam satu kompleks di IKN dengan fasilitas lengkap. Madrasah Terpadu ini mengusung konsep inovatif yang menyatukan seluruh jenjang pendidikan dalam satu wilayah.

Pembangunannya juga dilengkapi masjid terpadu yang menyatukan fungsi ibadah dan pendidikan, serta sarana olahraga modern yang dirancang untuk berbagai kegiatan fisik siswa. Tujuan utama konsep ini adalah membentuk karakter Islami dan menghasilkan lulusan unggul yang siap berkontribusi bagi bangsa.

Direktur KSKK Madrasah Muchamad Sidik Sisdiyanto mengatakan proses perizinan awal akan menggunakan afiliasi dengan madrasah terdekat, seperti RA Perwanida Provinsi serta beberapa MTsN dan MAN di sekitar lokasi pembangunan.

Madrasah Terpadu ini ditargetkan mulai beroperasi penuh pada 2026 dengan pertumbuhan kapasitas maksimal diproyeksikan tercapai pada 2032.

"Pembangunan Madrasah Terpadu ini akan dilakukan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN), dan pemilihan lokasi ini diharapkan memberikan akses pendidikan yang mudah bagi masyarakat IKN dan sekitarnya," jelasnya, seperti dikutip dari Kemenag.go.id, Sabtu (5/10/2024). 

Topik Menarik