5 Cara Paling Ampuh Hilangkan Panas Akibat kena Cabai

5 Cara Paling Ampuh Hilangkan Panas Akibat kena Cabai

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 16:46
share

KASUS seorang santri di salah satu Pondok Pesantren di Aceh menjadi perbincangab usai disiram air cabai oleh istri pimpinan Ponpes. Aksi tersebut viral dan membuat geram para netizen.

Terlepas dari kasus tersebut, cabai sendiri sering kali meninggalkan rasa panas terbakar pada tangan saat mengolahnya. Rasa panas tersebut tentu akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa panas terbakar akibat memegang cabai. Bagaimana cara ampuhnya? Berikut tips mudah melansir dari The Kitchn.

Menggunakan Minyak
Pertama menggunakan minyak. Cara ini juga dipercaya bisa menghilangkan rasa pedas terbakar pada tubuh bila terkena cabai. Minyak membantu melarutkan cabai yang pedas. 

Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa menggosok tangan dengan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun sebelum memotong cabai akan melapisinya dengan cukup baik untuk mencegah rasa perih.

Sabun Cuci Piring
Selanjutnya menggunakan sabun cuci piring. Mencuci tangan atau bagian tubuh dengan sabun cuci piring diyakini bisa menghilangkan rasa pedas dari cabai.

Banyak sabun cuci piring yang dapat melarutkan minyak dan lebih efektif daripada sabun cuci tangan biasa. Gunakan sabun ini untuk mencuci tangan setelah memotong cabai.

 

Alkohol
Penggunaan alkohol juga bisa jadi solusi untuk menghilangkan rasa pedas akibat terkena cabai. Minyak cabai dan capsaicin lebih larut dalam alkohol daripada dalam air.

Cara menggunakannya Anda bisa memercikan alkohol gosok atau bahkan alkohol dengan kadar tinggi seperti vodka sehingga dapat membantu menghilangkan rasa pedasnya.

Susu Murni atau Yogurt
Selanjutnya menggunakan susu atau yogurt. Diketahui bahwa cabai juga lebih mudah larut dalam lemak dan minyak daripada dalam air. Susu dan yogurt yang juga mengandung lemak diyakini dapat mengurangi rasa pedasnya.

Caranya pun cukup mudah. Bila merasakan sensasi panas terbakar akibat cabai, rendamlah tangan Anda dalam susu atau yogurt sampai sensasi terbakar berhenti.

Pasta Soda Kue
Satu lagi cara menghilangkan pedas terbakar akibat cabai ialah menggunakan pasta soda kue. Buat pasta kental dari soda kue dan air dan oleskan langsung ke tangan Anda. Biarkan hingga mengering sebelum dibilas dan rasa panas bisa berangsur membaik.

Topik Menarik