Timnas Indonesia 0, Timnas Malaysia Negara Asia Tenggara yang Paling Banyak Andalkan Pemain Naturalisasi di FIFA Matchday Oktober 2024!

Timnas Indonesia 0, Timnas Malaysia Negara Asia Tenggara yang Paling Banyak Andalkan Pemain Naturalisasi di FIFA Matchday Oktober 2024!

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 14:21
share

TIMNAS Indonesia 0, Timnas Malaysia dan Timnas Kamboja menjadi negara Asia Tenggara yang paling banyak mengandalkan pemain naturalisasi di FIFA Matchday Oktober 2024. Mengutip dari @seasiagoal, tiga pemain naturalisasi di skuad Timnas Malaysia adalah Endrick dos Santos (Brasil), Paulo Josue (Brasil) dan Romel Morales (Kolombia).

Sementara itu, pemain-pemain naturalisasi di skuad Timnas Kamboja adalah Hikaru Mizuno (Jepang). Mohammed Faeez Khan (Afrika Selatan) dan Yudai Ogawa (Jepang). Di luar Malaysia dan Kamboja tak ada satu pun tim nasional Asia Tenggara yang menggunakan pemain naturalisasi di FIFA Matchday Oktober 2024.

(Paulo Josue, salah satu pemain naturalisasi milik Timnas Malaysia)

Pemain naturalisasi yang dimaksud di sini adalah pesepakbola yang tidak memiliki garis keturunan atau kakek-nenek yang lahir di negara tersebut. Para pesepakbola ini mendapatkan paspor Malaysia dan Kamboja setelah lima tahun tinggal di negara tersebut.

Bagaimana dengan personel Timnas Indonesia? Pemain-pemain seperti Thom Haye, Ivar Jenner hingga Ragnar Oratmangoen tak masuk kategori naturalisasi karena mereka memiliki darah Indonesia dari orangtua atau kakek-nenek mereka.

Sementara Maarten Paes, meski tidak memiliki darah Indonesia, sang nenek lahir dan besar di Kediri, Jawa Timur. Sekarang menarik menanti aksi para wakil Asia Tenggara di FIFA Matchday Oktober 2024.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia tandang ke markas Bahrain dan China di lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober 2024. Sementara Malaysia, dijadwalkan tandang ke markas Selandia Baru di laga uji coba pada 14 Oktober 2024.

Topik Menarik