Pemilihan Ketua MA Akan Berlangsung Sebelum 17 Oktober 

Pemilihan Ketua MA Akan Berlangsung Sebelum 17 Oktober 

Nasional | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 22:56
share

JAKARTA - Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Suharto mengatakan pemilihan ketua MA akan berlangsung sebelum tanggal 17 Oktober 2024. Sebab ketua MA saat ini Muhammad Syarifuddin akan berusia 70 tahun di tanggal tersebut.

"Hakim agung itu pensiun atau purna setelah genap berusia 70 tahun. Yang mulia Ketua MA genapnya 70 tahun nanti tanggal 17 Oktober," ucap Suharto di gedung MA, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2024).

Dia menyebut, untuk tanggal pastinya, masih menunggu surat keputusan dari ketua MA. 

"Nanti urut-urutannya ada SK Ketua MA dulu mengenai tartib ada SK KMA mengenai panitia. Setelah dua SK KMA itu ada kita rapimkan penentuan tanggal," ucapnya.

Sekedar informasi, Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai ketua MA mengganti Hatta Ali yang memasuki masa pensiun. 

 

Saat itu, ada enam hakim agung yang maju sebagai calon dan mengikuti pemilihan pada Senin (6/4/2020). Mereka adalah Andi Samsan Nganro, Muhammad Syarifudin, Sunarto, Amran Suadi, Supandi, dan Suhadi. 

Dalam pemilihan yang berlangsung dua putaran itu, hakim agung Syarifuddin akhirnya terpilih sebagai ketua MA untuk periode 2020-2025. Ia mengalahkan pesaing utamanya, Andi Samsan, dengan memperoleh suara sebanyak 32 berbanding 14 suara.

Topik Menarik