Menguji Elektabilitas Dua Paslon di Pilkada Kaltim, Begini Hasilnya

Menguji Elektabilitas Dua Paslon di Pilkada Kaltim, Begini Hasilnya

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 22:51
share

JAKARTA - Laboratorium Suara Indonesia kembali melakukan survei  terkait elektabilitas dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), yaitu Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Rudy Mas'ud-Seno Aji. Survei ini memberikan gambaran mengenai kekuatan elektoral masing-masing pasangan dalam menghadapi Pilkada Kaltim.

Survei dilakukan pada periode 25 September-5 Oktober 2024. Pengambilan sample berdasarkan populasi pemilih tetap di Kaltim dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Responden survei terdiri dari 800 perempuan dan 850 laki-laki yang tersebar di 7 kabupaten dan 3 kota di Provinsi Kaltim secara proposional. Sementara margin of error kurang lebih 2,41 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Hasil survei tingkat elektabilitas atau tingkat keterpilihan oleh publik terhadap para kedua Paslon Kepala Daerah Kaltim dipetakan melalui beberapa aspek, yakni Top of Mind, Spontaneous Awareness, serta Aided Awareness," kata Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia, Albertus Dino, dikutip Senin (7/10/2024).

Dino menjelaskan, aspek Top of Mind menunjukkan satu nama yang disebut pertama kali oleh responden. Aspek Spontaneous Awareness merupakan satu atau lebih nama yang disebut setelah yang pertama. Sementara aspek Aided Awareness merupakan sosok atau nama yang disebut setelah responden dibantu dengan daftar nama.

Ketika responden diminta untuk memilih paslon sebagai kepala daerah Kalimantan Timur, pasangan calon Rudy Mas'ud-Seno Aji mendapat 54,1 dan Isran Noor-Hadi Mulyadi disebut sebanyak 25,8, sedangkan yang tidak menyebut kedua paslon tersebut sebanyak 20,1.

Hasil survei juga menunjukkan kekuatan elektoral kedua paslon dengan simulasi pertanyaan tertutup mengunakan kartu suara. Tingkat elektabilitas pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji 66,1 dan Isran Noor-Hadi Mulyadi 28,3. Sementara itu, 5,6 responden memilih untuk tidak memberikan dukungan kepada kedua pasangan.

Hasil survei, lanjut Dino, juga menunjukan kemantapan pilihan terhadap pasangan calon Kepala Daerah Kaltim di saat pilkada nanti. "Dibandingkan pilihan saat survei dilakukan dan diketahui bahwa tingkat kemantapan memilih sebesar 77,6 dan yang menyatakan masih mungkin dapat berubah 22,4," kata Dino.

 

Menurut Dino, popularitas Rudy Mas'ud sebagai anggota DPR RI dan pengusaha muda di Kaltim menjadi faktor penting di balik elektabilitas pasangan ini.

Menurutnya, selama masa jabatannya sebagai anggota DPR RI, Rudy dikenal dengan kinerjanya yang banyak memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, keberhasilannya sebagai pengusaha muda juga membuatnya menjadi sorotan di kalangan anak muda.

Sementara itu, Seno Aji, sebagai anggota DPRD Kalimantan Timur yang aktif turun ke masyarakat, turut menarik simpati warga. Kombinasi kedua tokoh ini menjadi kekuatan utama pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji.

Topik Menarik