12 Negara Asia Barat Ini Ditinggalkan jika 35 Negara Lain Bikin AFC Tandingan?

12 Negara Asia Barat Ini Ditinggalkan jika 35 Negara Lain Bikin AFC Tandingan?

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 07:07
share

SEBANYAK 12 negara Asia Barat ini ditinggalkan jika 35 negara lain membuat Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) tandingan? Salah satu pandit ternama di Indonesia, Justinus Lhaksana memberi saran kepada PSSI.

Jika nantinya AFC mengabulkan permintaan Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) yang meminta laga Timnas Indonesia vs Bahrain di matchday kedelapan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia digelar di tempat netral, Coach Justin -sapaan akrab Justinus Lhaksana- mendesak PSSI untuk pindah ke zona Oseania atau membuat AFC tandingan.

Coach Justin mendorong agar AFC dibagi 2. (Foto: X/@CoachJustinL)

(Coach Justin mendorong agar AFC dibagi 2. (Foto: X/@CoachJustinL)

“Kalo AFC mengabulkan permintaan Bahrain, kita pindah ke Oceania aja, atau bikin AFC Tandingan dan isinya non Timur Tengah. Tinggal semua negara non TimTeng lobby FIFA agar AFC dibagi 2,” tulis Coach Justin di akun X-nya, @CoachJustinL.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xOS83LzE4NjE5MC8zL2I5b25UVUZzb2Qw" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Jika opsi kedua yang diambil yakni membuat AFC tandingan, hal itu cukup menarik perhatian. AFC bisa mengikuti jejak Benua Amerika yang memiliki dua konfederasi yakni CONMEBOL (Amerika Selatan) dan CONCACAF (Amerika Utara dan Tengah).

Coach Justin menyarankan jika AFC tandingan dibentuk, ada baiknya negara-negara yang tergabung di Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF) membentuk konfederasi sendiri. Sebab, tak jarang negara-negara Arab kerap diuntungkan AFC.

Negara-negara Arab kerap diuntungkan karena presiden AFC berasal dari Bahrain, Salman bin Ibrahim Al Khalifa. Seringnya AFC memberi keuntungan kepada negara-negara Asia Barat sampai memunculkan akronim AFC itu adalah Arab Football Confederation, bukan Asian Football Confederation.

Topik Menarik