Bulan Rabiul Akhir: Arti, Sejarah, Peristiwa yang Terjadi di Dalamnya

Bulan Rabiul Akhir: Arti, Sejarah, Peristiwa yang Terjadi di Dalamnya

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 07:51
share

INILAH pembahasan mengenai bulan Rabiul Akhir. Rabiul Akhir merupakan bulan ke-4 dalam kalender Hijriah. Rabiul Akhir tepatnya berada setelah bulan Rabiul Awwal dan sebelum Jumadal Awwal.

Pihak yang pertama memberi nama bulan Rabiul Akhir menurut satu pendapat adalah buyut kelima Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, yakni Kilab bin Murrah. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/OiEaSDRgMes?si=avny-5RSiHEEYClV" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" referrerpolicy="strict-origin-when-cross-origin" allowfullscreen></iframe> 

Penamaan itu tidak terlepas dari peristiwa alam musim rabi' atau musim semi yang terjadi di Jazirah Arab. Pada musim tersebut rerumputan menghijau, tanaman tumbuh subur, dan pepohonan banyak yang berbuah.

Umumnya musim itu terjadi selama dua bulan. Sehingga, nama ini pun disematkan untuk dua bulan terjadinya musim tersebut yang sekarang dikenal dengan Rabiul Awwal dan Rabiul Akhir. 

Topik Menarik