Jabat Seskab, Mayor Teddy Dicopot Sebagai Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu

Jabat Seskab, Mayor Teddy Dicopot Sebagai Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu

Nasional | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:09
share

JAKARTA -  Presiden Prabowo Subianto menunjuk Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab). Mayor Teddy pun menanggalkan posisinya sebagai Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu, karena jabatan barunya itu.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Wahyu Yudhayana mengatakan, status penugasan Mayor Teddy sebagai Wadan Yonif Dirgahayu pun tidak aktif.

"Setelah saya konfirmasi ke Setmilpres, Seskab itu tidak setingkat menteri, strukturnya di bawah Kemensetneg, jabatan Seskab itu bisa dijabat TNI aktif termasuk eselon II, maksimal pangkat tertinggi Brigjen," kata Wahyu, Senin (21/10/2024).

"Enggak dong, kalau sudah penugasan di situ (Seskab), berarti sudah penugasan di luar struktur, tentu nanti akan ada sertijab jabatan organiknya,"pungkasnya.

Diketahui, Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu (Yonif PR 328/Dirgahayu) adalah batalyon infanteri lintas udara yang berada dibawah kendali Brigif Para Raider 17/Sakti Budi Bhakti, Divisi Infanteri 1/Kostrad.

Yonif Linud ini berdiri pada tanggal 16 Mei 1958 dengan personel dari eks kompi Syiwa I dan II. Batalyon ini terdiri dari kompi A, B, C, Kompi Markas dan Kompi Bantuan. Satuan ini bermarkas di Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Kekuatan personel lebih kurang 730 anggota.

 

Batalyon yang dipimpin Mayor Inf. Ade Kurniawan Dwi Saputro saat ini masuk ke Brigif Linud 17/Kujang I Kostrad bersama Yonif Linud 305/Tengkorak dan Yonif Linud 330/Tri Dharma.

Prestasi batalyon ini antara lain menangkap Kartosuwiryo tanggal 4 Juli 1962 di Gunung Geber, Majalaya oleh Kompi C Yon 328 Kujang II/Siliwangi di bawah pimpinan Letnan Dua Suhanda.

Topik Menarik