Hari Santri 2024, Menag Nasaruddin Umar Ungkap Pentingnya Pribadi Kuat dan Dipercaya

Hari Santri 2024, Menag Nasaruddin Umar Ungkap Pentingnya Pribadi Kuat dan Dipercaya

Terkini | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:24
share

MALAM puncak Hari Santri 2024 digelar dengan tema SantriVolution. Peringatan ini dihadiri Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Romo HR Muhammad Syafi’i yang baru saja dilantik oleh Presiden Prabowo Subiyanto.

Di hadapan ratusan para santri, Menag Nasaruddin Umar berpesan tentang pentingnya menjadi pribadi yang kuat dan dapat dipercaya. Ia pun mengutip firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kitab suci Alquran Surat Al Qashash Ayat 26.

Menag Nasaruddin Umar di malam puncak Hari Santri 2024. (Foto: Kemenag.go.id)

"Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah orang yang kuat lagi dapat dipercaya," ujar Menag di Jakarta, Senin 21 Oktober 2024, dikutip dari Kemenag.go.id.

Ayat tersebut berkisah tentang Nabi Musa Alaihissallam yang memiliki kepribadian jujur, dapat dipercaya, hingga kuat tenaganya.

Menag lalu berkisah tentang pertarungan antara Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dengan seorang pegulat yang tidak terkalahkan bernama Rukana bin Abi Yazid.

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan Rukana akan bertanding gulat. Tempat bertanding sudah disiapkan. Sahabat Nabi sangat cemas. Pertandingan pun berlangsung.

"Ronde 1, 2 belum ada yang terkalahkan. Pada ronde ke-3, Rukana terjatuh dari kanvas tempat bertanding. Karena Nabi sangat lincah. Singkat cerita Nabi menang KO," cerita Menag. 

Topik Menarik