Sosok Setiawan Ichlas, Crazy Rich Palembang yang Jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo

Sosok Setiawan Ichlas, Crazy Rich Palembang yang Jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo

Terkini | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 09:45
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto melantik tujuh utusan khusus Presiden di Istana Negara, Jakarta, hari ini. Salah satu nama yang menarik perhatian adalah pengusaha asal Palembang, Setiawan Ichlas.

Dirinya akan diangkat menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan.

Setiawan Ichlas atau Iwan Bomba adalah seorang pengusaha batu bara Indonesia asal Palembang, Sumatera Selatan. Dia dikenal sebagai pemilik Bomba Group, sebuah perusahaan holding atau induk investasi terdiversifikasi yang membawahi entitas bisnis di banyak bidang usaha.

Setiawan Ichlas juga masuk formasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Nama Setiawan Ichlas sempat mencuat saat mengakuisisi Bank Mualamat melalui PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI). Di perusahaan tersebut dirinya memiliki saham 15,19.

Salah satu orang terkaya dari Palembang ini menggeluti bisnis perkebunan, pertambangan mineral dan batu bara.

Selain itu, Setiawan Ichlas juga berbisnis infrastruktur seperti pengelolaan pelabuhan, jalan, serta jalur kereta api transportasi batu bara.

Kini pria kelahiran 1977 tersebut mengelola klub sepakbola Sriwijaya FC yang bermain di kompetisi Liga 2.

Sebagai informasi, Presiden Prabowo akan melantik sebanyak tujuh utusan khusus Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Termasuk publik figur Raffi Ahmad dan K.H. Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah.

Pelantikan utusan khusus Presiden oleh Presiden Prabowo tersebut diagendakan akan dimulai dilaksanakan pukul 10.30 WIB setelah Pengucapan sumpah atau janji Ketua Mahkamah Agung.

Sejumlah nama-nama yang masuk menjadi utusan khusus Presiden Prabowo juga telah tiba di Istana diantaranya Raffi Ahmad. Berdasarkan pantauan, Raffi tiba sekitar pukul 08.34 WIB. Raffi nampak mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan dasi biru.

Raffi hadir ditemani istrinya Nagita Slavina dan ibu kandungnya Amy Qanita serta mertuanya Rieta Amilia Beta. “Ya jadi apa aja kita kalau diperintah untuk bangsa dan negara kita siap,” kata Raffi saat ditanyai utusan khusus apa yang akan diembannya.

Raffi mengaku mendapatkan arahan khusus dari Presiden Prabowo Subianto terkait jabatan yang akan diembannya. “Pastinya ada (arahan khusus) tapi untuk diskusi lebih lanjut lagi nanti setelah pelantikan,” ujarnya.

Berikut tujuh nama-nama Utusan Khusus Presiden:

1. Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan: H. Muhamad Mardiono, B.A.

2. Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan: H. Setiawan Ichlas

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMS8xLzE4NjIzNC8zL090SVZIVmFRN1Ew" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik