5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka

5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka

Terkini | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:23
share

Ada 5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana. Ya, selain rakyat biasa ternyata pemimpin dunia juga punya peliharaan hewan, salah satunya kucing. Bahkan membawa kucing mereka ke istana dan menjadikan hewan ini bagian dari kehidupan politik. Lantas, kucing peliharaan presiden dunia siapa yang beruntung tinggal di istana?

Bobby Kertanegara


Siapa yang tak kenal dengan si kucing lucu yang akrab dipanggil Bobby Kertanegara (BK) ini? Baru-baru ini BK hangat dibicarakan karena ikut tampil di acara pelantikan Presiden Indonesia ke 8 Prabowo Subianto di Istana Negara 20 Oktober 2024 dengan menggunakan stroller khusus kucing bertuliskan “BK” Bobby Kertanegara. Sejumlah tamu undangan tak membuang kesempatan untuk foto bersama dengan bobby.

Bobby termasuk jenis ras kucing kampung dengan warna bulu putih bercampur belang hitam. Pertemuan Prabowo dengan kucing kesayangannya terjadi di tahun 2017 lalu. Prabowo ungkap Bobby sangat manja dan sebagai penguasa rumah Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

BK hampir sama dengan kucing lainnya yang usil dan ingin dimanja bahkan, menginterupsi Prabowo yang sedang diskusi dengan tamunya. Bobby juga tak ragu naik ke atas meja saat Prabowo sedang rapat. 


Willow

5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka
5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka, Willow (Foto: White House)


Willow, kucing peliharaan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, telah mencuri perhatian publik sejak kedatangannya di Gedung Putih. Kucing berjenis Maine Coon ini tak hanya menjadi bagian dari keluarga besar Biden, tetapi juga simbol kehangatan dan kebersamaan di tengah kesibukan politik.

Willow diadopsi oleh Joe Biden dan keluarganya pada tahun 2021 lalu. Nama "Willow" terinspirasi dari nama kota di mana Biden tinggal saat masih kecil.

Willie


Willie adalah kucing peliharaan George W. Bush, mantan Presiden Amerika Serikat, yang menjadi salah satu hewan peliharaan ikonik selama masa kepresidenannya. Willie, kucing berjenis tabby yang diadopsi oleh keluarga Bush saat mereka tinggal di Texas. Nama "Willie" diambil dari nama Willie Nelson, seorang musisi country terkenal yang juga merupakan teman keluarga.

Selama masa kepresidenan George W. Bush dari 2001 hingga 2009, Willie menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari keluarga Bush. 

 

Socks


Socks adalah kucing peliharaan Bill Clinton, mantan Presiden Amerika Serikat, yang menjadi salah satu hewan peliharaan paling terkenal di Gedung Putih. Socks adalah jenis kucing domestik berwarna hitam-putih yang diadopsi oleh keluarga Clinton pada tahun 1991 silam. Ia ditemukan di luar gedung di Little Rock, Arkansas, dan langsung menjadi anggota keluarga. Nama "Socks" berasal dari warna kakinya yang mirip kaus kaki.

5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka
5 Kucing Lucu Peliharaan Presiden Dunia yang Tinggal di Istana, Nomor 1 Tinggal di Istana Merdeka, Socks (Foto: Obama White House)

Selama masa kepresidenan Bill Clinton dari 1993 hingga 2001, Socks menjadi salah satu ikon di Gedung Putih. Socks menjadi sangat populer di kalangan media dan masyarakat. Foto-fotonya sering muncul di majalah dan berita, menjadikannya salah satu hewan peliharaan paling dikenang dalam sejarah kepresidenan Amerika. Socks juga memiliki buku anak-anak yang ditulis tentang dirinya, menunjukkan dampak budaya yang dimilikinya.

Socks, Judy, dan Awan


Selain Presiden Amerika Serikat, Singapura juga punya 3 kucing peliharaan. Socks, Judy, dan Awan namanya. Ketiganya tinggal bersama Tharman Shanmugaratna di istana.

Dikutip dari CNA, kucing-kucing menggemaskan ini ternyata diadopsi oleh Presiden ke-9 Singapura, Tharman Shanmugaratnam, dari Cat Welfare Society sebuah organisasi amal dan tempat adopsi kucing di Singapura serta dari seorang dokter hewan di Jurong. 

Keputusan Tharman untuk mengadopsi kucing dari tempat penampungan ini mendapat apresiasi dari para pencinta kucing, karena dianggap lebih baik ketimbang membeli dari toko hewan peliharaan (petshop).

Topik Menarik