Solusi Pramono Anung Atasi Krisis Air Bersih di Jakarta Utara

Solusi Pramono Anung Atasi Krisis Air Bersih di Jakarta Utara

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:21
share

JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung bakal memperluas jaringan pipanisasi sebagai solusi mengatasi krisis air bersih di wilayah Jakarta Utara. Menurutnya saat ini 84 persen sumber air Jakarta dari Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat nantinya akan ada juga sumber dari Waduk Kariyan, Banten.

"Air minum apa air apa?" kata Pramono saat kampanye di Rusun Pelindo, Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu (23/10/2024).

"Air segala macam," jawab warga.

"Sumber air kita secara umum hanya ada dua dari Jatiluhur dan Kariyan, Banten persoalannya yang dari Jatiluhur yang kita gunakan hampir 84 air di Jakarta ini gak cukup seharusnya yang Kariyan itu masuk juga ke Jakarta, tapi belum masuk saja dipakai orang-orang di BSD, Tangsel dan sebagainya. Maka, untuk itu kami akan membantu program pipanisasi supaya yang jauh dari pusat sumber air itu tetap akan dapat termasuk di sini (Cilincing)," ujar Pramono.

Pramono juga menyadari wilayah Jakarta Utara air tanahnya pun kecil karena berbatasan langsung dengan laut. Menurutnya perlu ada terobosan jangka panjang untuk mengolah air laut untuk dapat dikonsumsi.

Hanya saja itu bukan janji dirinya sebagai Cagub Jakarta, itu merupakan kewenangan pemerintah pusat 

"Air di sini dari Jatiluhur dan air tanah yang kecil karena dekat dengan laut memang harus ada terobosan dan dalam jangka panjang apa yang dilakukan di negara-negara maju dengan instalasi air, air laut bisa diminum. Tapi butuh waktu, butuh support, butuh teknologi sehingga ini bukan janji, saya ini harus dilakukan pemerintah pusat," ujarnya.

Topik Menarik