Timnas Indonesia Menang Telak atas Arab Saudi dari Segi Pemain Abroad 14-1

Timnas Indonesia Menang Telak atas Arab Saudi dari Segi Pemain Abroad 14-1

Olahraga | inews | Selasa, 3 September 2024 - 09:02
share

JEDDAH, iNews.id - Timnas Indonesia menang telak atas Arab Saudi dari segi jumlah pemain abroad. Skuad Garuda membawa 14 pemain yang berkarier di luar negeri, sedangkan sang lawan hanya satu.

Duel Timnas Indonesia vs Arab Saudi tersaji pada matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga. Duel dihelat di King Abdullah Sports Center, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk laga tersebut. 14 di antaranya bermain di luar negeri.

Mereka adalah Maarten Paes yang bermain untuk FC Dallas, Nathan Tjoe-A-On (Swansea City), Shayne Pattynama (KAS Eupen), Calvin Verdonk (NAC Nijmegen), Marselino Ferdinan (Oxford United), Asnawi Mangkualam (Port FC), Pratama Arhan (Suwon FC), Sandy Walsh (KV Mechelen), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Ivar Jenner (FC Utrecht), Rafael Struick (ADO den Haag), Jay Idzes (Venezia), Ragnar Oratmangoen (Dender) dan Thom Haye (tanpa klub).

Saat ini Thom Haye memang belum memiliki klub setelah berpisah dengan FC Heerenveen. Namun dia memastikan akan tetap berkarier di Eropa.

Kabar terbaru Haye tengah menjalin negosiasi dengan mantan klubnya NAC Breda. Dia juga dikabarkan menolak tawaran jadi rekan setim Marselino Ferdinan di Oxford United.

Beda dengan Indonesia, skuad Arab Saudi justru dihuni banyak pemain yang mentas di liga domestik. Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini hanya membawa satu pemain abroad.

Sosok tersebut bernama Saud Abdulhamid. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu kini memperkuat salah satu klub raksasa Italia, AS Roma.

Ya, dia adalah rival Jay Idzes di Serie A. Saudi didatangkan AS Roma dari Al Hilal pada 24 Agustus 2024.

Namun hingga detik ini Saud belum juga dimainkan oleh Pelatih I Giallorossi, Daniele De Rossi. Meski cuma punya satu pemain abroad, kualitas skuad Arab Saudi tetap menakutkan.

Banyak pemain kelas dunia yang harus diwaspadai Timnas Indonesia. Sebut saja seperti Salem Aldawsari dan Saleh Al Shehri duo penyerang yang mencetak gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022 dan membawa Arab Saudi menang 2-1.

Topik Menarik