Shin Tae-yong Puji Perkembangan Sepak Bola Australia sejak Gabung AFC

Shin Tae-yong Puji Perkembangan Sepak Bola Australia sejak Gabung AFC

Olahraga | inews | Selasa, 10 September 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNews.id Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memuji perkembangan sepak bola Australia sejak bergabung Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Australia pindah Konfederasi pada 2006. Semenjak pindah ke AFC mereka baru sekali menjadi juara Piala Asia, yakni pada 2015 dan dalam dua edisi terakhir tim itu sulit menembus semifinal.

STY mengatakan, Timnas Australia mendapatkan lawan-lawan tangguh dengan berpindah konfederasi. Jadi, mereka terus berusaha berkembang menjadi lebih baik dalam setiap kesempatan.

"Dengan Australia pindah ke Asia dari Oseania, sepak bola Australia semakin baik karena di sana rivalnya cuma Selandia Baru, tetapi dengan ke Asia ada Korea, Jepang, Arab Saudi dan lain-lain," kata Shin Tae-yong di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut, pola permainan Australia mengalami perubahan besar. Dia mengakui kualitas yang dimiliki Australia, sehingga mereka sangat layak menempati ranking ke-24 FIFA saat ini.

"Dulu memang Australia lebih cenderung ke power saja karena banyak pengaruh dari Inggris juga. Tapi sekarang mereka punya skill yang bagus, sepak bola mereka semakin baik secara fisik dan skill," katanya.

"Saya lihat penilaian buat mereka sangat baik saat ini," tuturnya.

Australia akan menantang Timnas Indonesia dalam fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga itu akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024).

Topik Menarik