Terungkap! Ini Penyebab Yamaha Baru Bisa Pakai Mesin Terbaru V4 di MotoGP 2025 

Terungkap! Ini Penyebab Yamaha Baru Bisa Pakai Mesin Terbaru V4 di MotoGP 2025 

Olahraga | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:30
share

MOTEGI, iNews.id- Pembalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins menyebut motor Yamaha M1 yang dikendarainya belum  menggunakan mesin V4 musim ini. Kemungkinan mesin V4 akan digunakan pertengahan musim MotoGP 2025.

Yamaha telah membalap dengan mesin 4 silinder segaris sejak era empat tak dimulai di ajang MotoGP pada 2002 silam. Namun, tim pabrikan Jepang itu mengonfirmasi tengah mengembangkan proyek mesin V4 paralel untuk motor M1.

Padahal, saat ini semua tim rival Yamaha di MotoGP sudah menggunakan mesin V4. Namun Yamaha hanya bakal memakai mesin V4 jika performanya lebih baik daripada mesin Inline.

Rins mengungkapkan apa terjadi di internal Yamaha. Dia menyebut mesin V4 milik Yamaha belum siap digunakan pada akhir musim MotoGP 2024.

“Yang pasti kami tidak akan menggunakan V4 untuk balapan terakhir musim ini,” kata Rins dikutip dari Crash, Rabu (9/10/2024).

“Beruntungnya, jika semuanya berjalan dengan baik, mungkin kami bisa memilikinya pertengahan musim tahun depan. Tapi itu adalah proyek (yang berbeda), kita setidaknya perlu menemukan sesuatu sebelum itu,” imbuhnya.

Saat ini yang menjadi kekurangan dari performa motor M1 2024 menurut Rins adalah cengkraman ban belakangnya. Pembalap asal Spanyol itu membeberkan dua rider Yamaha lainnya, Fabio Quartararo dan Remy Gardner merasakan hal yang sama.

"Tapi saya tidak mau mencari alasan. Dia hanya lebih cepat dari Remy dan saya. Jadi, kita perlu mencari sesuatu,” katanya.

Rins finis di posisi 16 dalam balapan utama di Sirkuit Motegi pada akhir pekan lalu dengan selisih 40,839 detik dari sang pemenang, Francesco Bagnaia. Sedangkan Gardner mengakhiri balapan persis di belakangnya alias urutan paling buncit dengan selisih hampir 20 detik darinya.

Sementara itu, Quartararo berakhir di posisi 12 dalam balapan utama di Jepang dengan jarak 32,299 detik dari Bagnaia. Dia kehabisan bensin di lap terakhir yang membuatnya disalip oleh rider LCR Honda, Johann Zarco.

Topik Menarik