6 Wasit Kontroversial, Salah Satunya Ahmed Al Kaf yang Pimpin Laga Bahrain vs Indonesia 

6 Wasit Kontroversial, Salah Satunya Ahmed Al Kaf yang Pimpin Laga Bahrain vs Indonesia 

Olahraga | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 16:46
share

JAKARTA, iNews.id - Ada berbagai wasit kontroversial yang sempat jadi sorotan pencinta sepak bola. Setelah Timnas Indonesia harus mengakhiri laga kontra Bahrain dengan skor sama kuat 1-1 pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga, Kamis (10/11) malam WIB. 

Hal yang jadi sorotan adalah sang pengadil lapangan, Ahmed Al-Kaf memberikan sejumlah keputusan kontroversial. Salah satunya adalah memberikan tambahan waktu selama tiga menit yang melebihi masa injury time pada babak kedua. 

Akibat keputusannya itu, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Marteen Paes harus kebobolan pada menit ke-90+9 lewat gol Mohamed Marhoon. Pada akhirnya, skuad asuhan Shin Tae-yong harus puas memetik satu poin dari kandang Bahrain. 

Selain Ahmed Al Kaf, terdapat beberapa wasit kontroversial yang pernah menjadi sorotan pencinta si kulit bundar. Penasaran siapa saja mereka? Berikut iNews.id akan berikan informasinya, Jumat (11/10/2024). 

Wasit Kontroversial

1. Anthony Taylor 

Pencinta Liga Inggris tentu tidak asing dengan nama Anthony Taylor. Wasit berkebangsaan Inggris ini kerap memimpin laga-laga penting di liga persepakbolaan negara Raja Charles. 

Menurut data transfermarkt, Anthony setidaknya telah mengeluarkan 2634 kartu kuning dan 77 kartu merah dari 746 laga yang pernah dipimpinnya. Catatan itu tentu membuat banyak penggemar klub Liga Inggris khawatir mengenai keputusan kontroversial yang membuat mereka rugi. 

Pelatih legendaris, Jose Mourinho bahkan sempat mengkritik kinerja Anthony Taylor saat tim asuhannya, AS Roma melawan Sevilla di laga final Liga Eropa musim 2022/2023. Beberapa keputusan yang diberikan oleh wasit berusia 45 tahun itu banyak merugikan Il Giallorossi. 

2. Mike Dean 

Masih dari tanah Inggris, kali ini ada wasit bernama Mike Dean. Wasti kelahiran Heswall, 2 Juli 1968 ini dikenal sebagai wasit yang ringan tangan soal mengeluarkan kartu kuning maupun merah. 

Mike total telah mengeluarkan 3133 kartu kuning dari 105 kartu merah dari 896 laga yang pernah dipimpinnya. Menariknya, wasit berusia 56 tahun ini dikenal sebagai penggemar Tottenham Hotspurs. Ia kerap beberapa kali tertangkap kamera ikut berselebrasi saat The Lilywhites berhasil mencetak gol. 

3. Tom Henning Overbo

Para penggemar Barcelona dan Chelsea pasti sudah tidak asing dengan nama Tom Henning Overbo. Yap, pengadil lapangan berpaspor Norwegia ini sempat disorot usai dianggap memberikan beberapa keputusan kontroversial di laga-laga penting. 

Salah satunya di laga semifinal Liga Champions 2009 yang mempertemukan Chelsea dan Barcelona. Ovrebo dianggap lebih memihak kepada El Barca dan mengabaikan beberapa pelanggaran, termasuk handsball Samuel Eto'o di dalam kotak penalti. 

Bahkan keputusan itu sampai membuat striker Chelsea, Didier Drogba mengeluarkan amarahnya di depan kamera seusai laga yang akhirnya dimenangkan oleh tim asuhan Pep Guardiola tersebut. 

4. Simon Hipper

Simon Hopper sempat menuai kritik usai memberikan keputusan yang merugikan di laga Liga Inggris musim 2023/2024 kala Manchester United berjumpa Wolves. 

Wasit asal Inggris ini mengabaikan pelanggaran yang dilakukan kiper Manchester United, Andre Onana kepada penggawa Wolves, Sasa Kalajdzic di kotak penalti. Atas keputusannya itu, sang wasit pun diberikan teguran tidak boleh memimpin beberapa laga Liga Inggris. 

5. Totok Fitrianto 

Indonesia ternyata memiliki beberapa wasit yang dianggap pernah menghasilkan keputusan kontroversial. Salah satunya adalah Totok Fitrianto.

Salah satu kontroversi yang dibuat oleh wasit asal Manado itu adalah saat memimpin laga pekan ketiga Liga 1 musim 2022/2023 antara Persib Bandung dan PSIS Semarang. Setidaknya Totok membuat dua kontroversi pada laga tersebut. 

Kontroversi yang pertama adalah Totok memberikan hadiah penalti kepada Persib Bandung usai pemain PSIS Semarang dianggap melakukan handsball. Padahal bola tidak mengenai tangan melainkan dada. 

Lalu, Totok kembali memberikan penalti kepada Maung Bandung. Penalti yang berhasil dimentahkan oleh kiper PSIS Semarang. Namun, sang wasit menganulir dan meminta penalti tersebut diulang. 

6.  Ahmed Al Kaf

Bukan sekali ini saja Ahmed Al Kaf memberikan keputusan kontroversial di laga-laga sepakbola. Wasit berpaspor Oman itu pernah mengeluarkan 10 kartu pada laga leg kedua perempat final Liga Champions Asia 2024 yang mempertemukan Al Nassr dan Al Ain. 

Berdasarkan data transfemarkt, wasit berusia 41 tahun itu telah memimpin sekitar 115 pertandingan. Total 346 kartu kuning ia berikan dan 10 kartu merah dari jumlah pertandingan tersebut.

Demikian ulasan mengenai deretan wasit kontroversial. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik