PB PODSI dan Kemenpora Dorong Dragon Boat Tampil di Olimpiade 2028 Los Angeles

PB PODSI dan Kemenpora Dorong Dragon Boat Tampil di Olimpiade 2028 Los Angeles

Olahraga | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:18
share

Kerja sama antara Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) patut diapresiasi. PB PODSI melihat peluang besar dengan memanfaatkan dukungan Kemenpora untuk menembus Olimpiade 2028 di Los Angeles.

PB PODSI telah mempersiapkan dua tim nasional dayung Indonesia yang akan bertanding di dua kejuaraan internasional, yakni Seri Kedua Kejuaraan Dragon Boat Piala Dunia 2024 di Zigui Yichang, Hubei, China pada 23-27 Oktober 2024 dan Kejuaraan Dunia Dragon Boat ICF 2024 di The Puerto Princesa Baywalk, Pelalawan, Filipina, 30 Oktober hingga 3 November 2024.

“Kehadiran Indonesia dalam dua ajang bergengsi ini tidak hanya mengejar prestasi, tetapi juga bertujuan untuk mendorong Dragon Boat menjadi cabang olahraga resmi di Olimpiade 2028 Los Angeles. Peluang ini terbuka lebar karena Dragon Boat sudah tampil dalam eksibisi di Olimpiade 2020 Tokyo dan Olimpiade 2024 Paris,” ujar Sekretaris Jenderal PB PODSI, Edy Suyono, Sabtu (19/10/2024).

Edy juga menyampaikan apresiasinya kepada Kemenpora atas dukungan yang telah diberikan, termasuk dengan memasukkan cabang olahraga dayung dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memberikan dana untuk keikutsertaan tim Indonesia di berbagai kompetisi internasional.

Dukungan Kemenpora ini sangat penting, mengingat jika Dragon Boat resmi dipertandingkan di Olimpiade 2028, Indonesia memiliki peluang besar meraih medali, seperti halnya di cabang bulutangkis dan angkat besi.

Prestasi Tim Dragon Boat Indonesia

Indonesia telah menunjukkan prestasi gemilang di ajang internasional. Pada Asian Games 2022 Hangzhou, tim putra Dragon Boat Indonesia meraih medali emas, sementara tim putri merebut medali perak. Indonesia juga menjadi juara umum di 14th Asian Dragon Boat Championship 2022 Thailand, dengan 11 medali emas dan 1 perunggu.

Pada Kejuaraan Dunia Perahu Naga IDBF 2023 di Pattaya, Thailand, Indonesia berhasil membawa pulang 5 medali emas dan 1 perunggu.

Persiapan untuk Kejuaraan Dunia

Untuk menghadapi dua kejuaraan internasional mendatang, PB PODSI telah mempersiapkan 26 atlet yang dipilih dari hasil Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. “Mereka telah menjalani pelatnas selama sebulan dan menunjukkan peningkatan signifikan. Kami optimis meraih hasil terbaik di kedua kejuaraan tersebut,” kata Edy.

Timnas Dragon Boat Indonesia akan bertolak ke China dan Filipina pada 22 Oktober 2024.

Skuad Timnas Dragon Boat Indonesia untuk Kejuaraan Dragon Boat Piala Dunia 2024 Seri Kedua

Manajer: Edy SuyonoPelatih: Dian Kurniawan, Roinadi, Andri SugiartoAtlet: Muh Burhan, Nur Meni, Melati Fajar Ningrum, Angga Suwandi Putra, Rapik Saputra, Riska Andriyani, Nurevani Feraliana, Herlin Aprilin Lali, Aprilia Lebora Lawalata, Devita Safitri, Sahrul Gunawan, Sri Kandi, Roby Kuswandi, Siti Marhana Wulandari, Dayumin, Irwan, Rudiansyah, Subhi, Iqballana Ikhsan, Sofiyanto, Ade Yoan Susanto, Dapit, Nadia Hafiza, Ana Rahayu.

Skuad Timnas Indonesia untuk 2024 ICF Dragon Boat World Championships

Manajer: MulyadiAsisten Manajer: Brata Tryana HardjosubrotoPelatih: M Suryadi, Alwin, John Feter Matulessy, Budiman SetiawanAtlet: Indra Hidayat, Abdurrahim, Abdul Hamid, Wandi, Dede Sunandar, Evan Monim, Riyan Prasetio, Cinta P Nayomi, Anisa Yulistiawan, Steveni Mayshe Ibo, Sella Monim, Ramla Baharuddin, Fazriah Nurbayan, Ratih Dwi Oktaviani.

Topik Menarik