Masa Depan Suram Tim Tszyu setelah Dipermalukan Bakhram Murtazaliev

Masa Depan Suram Tim Tszyu setelah Dipermalukan Bakhram Murtazaliev

Olahraga | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:41
share

Masa depan suram Tim Tszyu, sang mantan juara dunia, setelah dipermalukan Bakhram Murtazaliev. Semua niat baik yang Tim Tszyu dapatkan dan tarik dengan hati dan semangat juangnya mungkin tidak akan berarti banyak.

Ini adalah tempat yang sepi, sebagai Roosevelt's Man in the Arena. Digoyang dan dijatuhkan berkali-kali oleh Bakhram Murtazaliev di Caribe Royale, Orlando, Florida, pada Sabtu malam, sebelum akhirnya kalah pada ronde ketiga, bintang asal Australia ini kini bertengger di tempat sampah dunia tinju - seorang bocah yang menjadi bulan-bulanan di media sosial, yang ternyata naif, bodoh, dan sembrono saat mengemudikan kapalnya melawan Bakhram Murtazaliev, setelah kekalahan satu-satunya dalam kariernya yang kini mencatatkan rekor 24-2 (17 KO).

Sebelumnya, Murtazaliev hanya berperan sebagai pelengkap - seorang juara yang mengenakan sabuk juara-B yang siap untuk menyerahkan gelarnya dan membawa Tszyu bangkit dari kekalahannya di bulan Maret dari Sebastian Fundora. Setelah itu, pada ronde X - tentu saja - Tszyu ditendang saat ia terjatuh.

"Tim mengira ia akan menang mudah," tulis Terence Crawford. "Menganggap enteng pria ini dan mengkhawatirkan petarung lainnya."

Sergio Mora menambahkan: "Tim Tszyu baru saja mengalami kekalahan SD yang sulit melawan seorang kidal dengan tinggi badan 198 cm dan apa yang dia lakukan selanjutnya? Memutuskan untuk melawan seorang juara Rusia yang kuat dan tak terkalahkan."

Baca Juga: Bakhram Murtazaliev Berulang Kali Jatuhkan dan Hancurkan Tim Tszyu, Pertahankan Sabuk IBF

Seandainya Tszyu menang, tweet-tweet tersebut - khususnya dari Mora - akan memiliki nuansa yang berbeda. Konteksnya berubah dari saling melengkapi menjadi kritis.

Menghadapi Murtazaliev yang tak terkalahkan bukanlah hal yang mudah. Itu berani dan penuh petualangan, tetapi bukan misi kamikaze seperti yang dibayangkan banyak orang saat ini.

Seperti kebiasaannya, Tszyu memulai laga dengan cara yang biasa ia lakukan, mencoba memberi kesan dan maju ke depan.Terlepas dari sifat destruktif dari kekalahannya, ia tidak menjadi dingin, karena ia menerima pukulan yang stabil selama tiga menit pembuka - menerima serangan bersih seolah-olah ia memiliki nafsu yang besar untuk melakukannya.

Ia tampil dengan satu langkah dan satu dimensi, dan ia pasti akan kecewa dengan pendekatannya. Kerusakannya, meskipun jelas, tidak menjadi bencana besar. Selanjutnya menjadi bencana besar.

Dijatuhkan untuk pertama kalinya dalam kontes ini oleh pukulan kiri, Tszyu bangkit dengan mata berkaca-kaca, jelas waspada dengan apa yang akan dihadapinya saat berdiri. Juara kelas welter super IBF ini jelas tidak memiliki kekhawatiran seperti itu. Murtazaliev melangkah masuk dengan sarung tangan yang penuh dengan kebencian dan niat yang tidak baik. Tszyu harus bertahan dan menyerang.

Murtazaliev memperpendek pukulan hook-nya, mencoba mengoyak tubuh Tszyu dan kembali menjatuhkannya ke atas kanvas. Roket yang dilontarkan Tszyu hanya berupa pukulan peringatan. Ia berusaha keras untuk menyamakan jumlah knockdown, namun keberaniannya terlalu gegabah dan tidak berbudaya, dimana sebuah kombinasi pukulan kanan-hook kiri kembali menjatuhkannya.

Dengan satu menit tersisa pada ronde kedua, kakinya terlihat tidak yakin, serta matanya terlihat tidak meyakinkan. Harapannya bergantung pada pukulan-pukulan ceroboh dan pukulan satu-dua, namun itu meninggalkannya dengan kerentanan yang berderit, dimana Murtazaliev menyerang dengan ambisi dari seorang pria yang telah menunggu kesempatan untuk tampil di atas panggung.

20 detik terakhir dari ronde ketiga menjadi tontonan yang sangat tidak nyaman. Dua hook kiri menghantam sisi wajah Tszyu yang tidak terlindungi, dan saat ia dengan tegas mencoba menyerang balik - dengan segenap hati, tanpa taktik; dengan keberanian, tanpa pemikiran - Murtazaliev menyarangkan sebuah pukulan kanan ke arah sisi kepalanya dan Tszyu pun terjatuh untuk ketiga kalinya.

Saat Tszyu kembali berdiri, ada sorot mata angker di matanya, seperti mangsa yang menyadari bahwa ia berada di ruangan yang sama dengan pemangsa dan jalan keluarnya tertutup rapat.

Dia memiliki banyak kesempatan untuk duduk diam - untuk mengatakan bahwa dia tidak ingin lagi. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa itu adalah langkah yang cerdas.

"Keberanian bukanlah memiliki kekuatan untuk terus maju," Napoleon pernah berkata. "Keberanian adalah terus berjalan ketika Anda tidak memiliki kekuatan."

Tszyu semakin lelah, namun setiap kali dia berjalan dengan susah payah ke depan, keluguan di setiap langkahnya namun jantungnya memompa napas menantang yang semakin menusuk dengan setiap pukulan memuakkan yang menghantam tengkorak kepalanya.

"Kamu harus melindungi dirimu sendiri," kata Tszyu di pojok ring sebelum ronde ketiga.

Ia diberi waktu tambahan untuk bertahan dari pemeriksaan dokter sebelum ronde dimulai, yang mungkin tidak akan diberikan pada petarung yang kurang terkenal. Sebuah senter menyinari matanya yang sedih saat hiruk-pikuk cemoohan mengelilingi ring, digantikan oleh sorak-sorai penuh semangat saat Tszyu dipanggil kembali ke dalam arena oleh wasit Chris Young. Namun hal yang tak terelakkan itu hanya tertunda

Topik Menarik