Sulaiman Agusto Dorong Produktivitas Petani Nilam di Bangunemo dengan Alat Modern

Sulaiman Agusto Dorong Produktivitas Petani Nilam di Bangunemo dengan Alat Modern

Terkini | palu.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:00
share

BANGKEP, iNewsPalu.id – Upaya meningkatkan perekonomian petani di Desa Bangunemo, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Bangkep, semakin gencar dilakukan dengan pengembangan budidaya tanaman nilam. Cawagub Sulawesi Tengah, Mayjend (Purn) Sulaiman Agusto Hambuako, mengunjungi lokasi pembibitan tanaman nilam dan berdiskusi dengan para petani setempat untuk memberikan dukungan.

Sulaiman Agusto menekankan pentingnya tanaman nilam, yang memiliki nilai jual tinggi sebagai bahan baku kosmetik. “Tanaman nilam dapat meningkatkan perekonomian petani. Kami akan membantu menyiapkan alat penyuling minyak nilam, sehingga para petani dapat memperoleh nilai tambah yang lebih besar,” ujarnya.

Nilam, yang dikenal dengan nama latin Pogostemon cablin Benth, menghasilkan minyak atsiri yang bermanfaat untuk parfum, kosmetik, sabun, dan aromaterapi. 

Petani nilam setempat, Melki, menyampaikan terima kasih kepada Cawagub Sulaiman Agusto atas kunjungannya dan berharap agar jika terpilih, ia dapat memberikan bantuan mesin penyulingan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Bangunemo.

Sulaiman Agusto adalah calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah pada pemilihan umum 2024, mendampingi Gubernur petahana H Rusdy Mastura dalam pasangan bertagline SANGGANIPA, yang diusung oleh PDIP, Partai Hanura, dan didukung oleh beberapa partai non-parlemen.

Topik Menarik