Polres Polman Terima Tim Puslitbang Polri, Bahas Strategi Penguatan Kepercayaan Publik

Polres Polman Terima Tim Puslitbang Polri, Bahas Strategi Penguatan Kepercayaan Publik

Terkini | polman.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 19:40
share

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id – Polres Polewali Mandar menerima kunjungan resmi dari Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka penelitian bertema "Meningkatkan Kepercayaan Publik dan Penguatan Peran Polri dalam Pengejaran Buronan Beserta Hasil Kejahatan."

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rupatama Polres Polman dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat serta personel kepolisian pada Selasa (8/10/24).

Kapolres Polman AKBP Anjar Purwoko dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Tim Puslitbang Polri atas kehadirannya. Ia berharap hasil dari penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat guna meningkatkan pelayanan publik dan memperkuat peran Polri dalam mengejar buronan serta menjaga stabilitas keamanan di wilayah Polman.

"Alhamdulillah, situasi Kamtibmas di Polman saat ini sangat kondusif. Kami berharap penelitian ini akan memperkuat kemampuan Polri dalam hal pengejaran buronan dan menjaga keamanan wilayah secara keseluruhan," ujar Kapolres.

Ketua Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol Rido Rolly Maruli Parsaoran Purba, menjelaskan bahwa penelitian ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mendukung program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis dan mendapatkan data objektif terkait tingkat kepercayaan publik terhadap Polri, khususnya dalam pelayanan di bidang Reserse Kriminal (Reskrim), Satuan Narkoba, Satuan Intelkam, Satuan Lalu Lintas (Lantas), Sat Samapta, Sat Polair, serta Sat Binmas.

“Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan fakta dan masukan dari masyarakat mengenai kinerja Polri, sehingga dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam memperbaiki layanan dan meningkatkan profesionalisme Polri di lapangan,” jelas Kombes Pol Rido.


Poto bersama bidang Reserse Kriminal , Satuan Narkoba, Satuan Intelkam, Satuan Lalu Lintas (Lantas), Sat Samapta, Sat Polair, serta Sat Binmas.

Kegiatan penelitian ini mencakup wawancara dengan berbagai elemen masyarakat, diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion/FGD) bersama tokoh masyarakat, dan interaksi langsung dengan personel Polri.

FGD dihadiri oleh pejabat utama Polres Polman, Kepala Kantor Imigrasi Polman Aditya Pratama, perwakilan dari BNNK, Sentra Komunikasi Mitra Polri, kepala desa, ormas, pengacara, organisasi mahasiswa, serta para ketua RT/RW, Organda, media massa, dan instansi pemerintah.

Selama kunjungan, Tim Puslitbang Polri berharap dapat memperoleh data objektif yang nantinya menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Polri.

Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap kinerja kepolisian, khususnya di Polres Polman.

Penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan masukan yang konstruktif untuk mendukung Polri dalam menghadapi tantangan di lapangan, terutama dalam pengejaran buronan serta penanganan kejahatan yang semakin kompleks.

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan Polri, khususnya Polres Polman, dapat semakin profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga mampu terus menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Polewali Mandar.

Topik Menarik