TARSA Prioritaskan Pertumbuhan UMKM Lokal di Aceh Barat Hingga Tembus Pasar Nasional

TARSA Prioritaskan Pertumbuhan UMKM Lokal di Aceh Barat Hingga Tembus Pasar Nasional

Terkini | portalaceh.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:40
share

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat, Tarmizi - Said Fadheil (TARSA), akan memprioritaskan pertumbuhan produk lokal asli daerah melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga tembus ke pasar nasional sebagai barang produksi khas daerah yang dapat dijadikan buah tangan.

Hal itu disampaikan Tarsa dihadapan ratusan pendukungnya yang hadir pada silaturahmi di Desa Suak Pandan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

”Salah satunya ikan Lumi-lumi (Ikan Itik Bombay), lantaran ikan lumi-lumi jarang ditemukan di pesisir laut kabupaten lain selain Aceh Barat, ini akan menjadi salah satu produk khusus yang diolah dan hanya di produksi di Aceh Barat,” kata Tarmizi, Rabu (16/10/2024).

Dikatakan Tarmizi, Biasanya jika berpergian di luar daerah pastinya akan mendapati oleh oleh khas daerah lain.

Seperti Aceh Selatan yang dikenal dengan buah pala, Pidie dengan Kerupuk Mulieng, Takengon dengan khas kopinya.

Sebab itu, Aceh Barat akan dijadikan sebagai daerah produksi khusus olahan hasil laut seperti kerupuk ikan Lumi Lumi untuk dapat dijadikan sebagai oleh oleh bagi pendatang.

Sehingga, daerahnya akan dikenal dengan hal tersebut.

”Produksi itu akan di kembangkan melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi ibu-ibu dan pemuda di Aceh Barat yang kreatif meningkatkan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Para masyarakat juga tak harus mengkhawatirkan sumber dana untuk pengembangan UMKM. Pemerintahan Tarsa akan memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR) setiap perusahaan yang bekerja di wilayah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 

"Ibu-ibu dan pemuda akan diberikan modal usaha nantinya dengan dana CSR, maka kedepan lapangan kerja untuk warga Aceh Barat tidak terfokus dengan perusahaan saja, namun bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan menghidupkan UMKM,” pungkasnya

Topik Menarik