Jalin Kekompakan, Paguyuban Kades Pakuniran Probolinggo Rutin Berkumpul Tiap Bulan

Jalin Kekompakan, Paguyuban Kades Pakuniran Probolinggo Rutin Berkumpul Tiap Bulan

Terkini | probolinggo.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:00
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk menjalin kekompakan dalam menjalankan roda pemerintahan, seluruh kepala desa yang tergabung dalam paguyuban kades se Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo rutin berkumpul setiap bulan. 

Pada Selasa (1/10/2024) kali ini digelar di rumah Sudi yang merupakan kepala desa Gunggungan Kidul, Kecamatan Pakuniran.

Ketua Paguyuban Kades se Kecamatan Pakuniran Abdurahman menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rencana atau keinginan para kades untuk rutin berkumpul seiap bulannya. 

Untuk lokasi perkumpulan pun dilakukan secara bergilir dari desa satu ke desa lainnya. Namun tempatnya berada di rumah kepala desa masing-masing bukan di kantor desa.

"Alasan silaturahmi dilaksanakan di rumah kades agar kita juga bisa bertemu dengan keluarga mereka (kades,red)," katanya.

Dalam perkumpulan itu, banyak hal yang dibahas termasuk permasalahan yang ada di desa masing-masing. Nantinya masalah itu akan dicarikan solusinya bersama-sama.

"Kita juga cari membahas terkait tugas dan tanggung jawab di desa, alhamdulillah selama ini tetep guyub dan kompak," paparnya.

Sementara itu, Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) pada Kecamatan Pakuniran mengaku pihaknya sering diundang dalam acara rutinitas paguyuban kades tersebut. Dan pihaknya selalu datang untuk memberikan informasi terbaru.

"Kami juga melakukan pembinaan bagaimana mengelola dana desa yang baik dan benar, dan informasi ini harus sampai langsung kepada kades," jelasnya

Ia berharap, pengelolaan ini kepala desa harus paham betul, sehingga tidak mengandalkan perangkat dan operator desa saja.

Topik Menarik