Tujuh Titik Bantalan Kayu Rel Kereta Api di Probolinggo, Diganti Dengan Bahan Sintetis

Tujuh Titik Bantalan Kayu Rel Kereta Api di Probolinggo, Diganti Dengan Bahan Sintetis

Terkini | probolinggo.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:10
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebagai wujud kepedulian PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) 9 Jember terhadap lingkungan. Tujuh titik perlintasan antara wilayah Tongas hingga Probolinggo, yang menggunakan bantalan rel berbahan kayu, kini diganti dengan bantalan berbahan sintetis.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan, selama ini KAI Daop 9 Jember memakai tiga jenis bantalan rel.

Antara lain bantalan kayu, bantalan besi dan bantalan beton. Bantalan beton digunakan pada mayoritas jalur di wilayah Daop 9 Jember.

Sedangkan untuk bantalan besi digunakan pada jalur simpan, dan bantalan kayu yang masih digunakan pada jembatan serta wesel atau perangkat pemindah jalur.

“Tahun 2024, KAI Daop 9 Jember mendatangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis yang akan menggantikan bantalan kayu yang selama ini masih banyak digunakan pada jembatan-jembatan kereta api,” terangnya, pada selasa (22/10/2024) pagi.

Dimana nantinya ada tujuh titik di antara wilayah Tongas, hingga Probolinggo, yang bantalannya masih menggunakan material kayu, kini sudah diganti dengan bantalan berbahan sintetis.

"Bantalan sintetis sendiri merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dan diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun 1980 silam" imbuhnya.

Alasan pihak KAI memilih bantalan sintetis menggantikan bantalan kayu tersebut, dikarenakan memiliki beberapa kelebihan.

Diantaranya kemampuan peredaman yang sama seperti bantalan kayu, serta tahan terhadap semua bahan kimia seperti oli dan solar, perawatan mudah dengan biaya lebih rendah, memiliki usia pakai lebih dari 50 tahun serta dapat di daur ulang.

“Terhitung sejak pertengahan 2022 hingga Oktober 2024, di wilayah Daop 9 Jember terdapat 44 jembatan kereta api yang sudah dilakukan penggantian dengan total bantalan sintetis yang digunakan sebanyak 2.512 batang,” ucapnya.

Dengan penggunaan bantalan sintetis sebagai pengganti bantalan kayu, keselamatan perjalananan kereta api yang meningkat, juga menambah kenyamanan para penumpang karena kebisingan saat melalui jembatan juga akan berkurang.

Disamping itu penggunaan bantalan sintetis merupakan komitmen KAI Daop 9 Jember untuk turut mendukung keberlangsungan dan pelestarian alam.

"Semakin banyak bantalan sintetis yang dipakai, semakin banyak batang pohon yang diselamatkan dari penebangan," tandasnya.*

Topik Menarik