Tahan Imbang Australia, Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia 2025

Tahan Imbang Australia, Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia 2025

Olahraga | purwokerto.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 07:40
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Berikut ini adalah daftar 16 negara yang berhasil lolos ke Piala Asia U-17 2025. Mereka adalah Korea Utara sebagai juara Grup A, Afghanistan (juara Grup B), Korea Selatan (juara Grup C), China (runner-up Grup C), Thailand (juara Grup D), Uzbekistan (juara Grup E), Irak (runner-up Grup E), Jepang (juara Grup F), Australia (juara Grup G), Indonesia (runner-up Grup G), UEA (juara Grup H), Yaman (juara Grup I), Vietnam (runner-up Grup I), Tajikistan (juara Grup J), Oman (runner-up Grup J), dan Arab Saudi sebagai tuan rumah.

Sesuai aturan, selain 10 juara grup, terdapat lima runner-up terbaik yang berhak melaju ke Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025. Penentuan lima runner-up terbaik ini didasarkan pada poin yang diraih di masing-masing grup.

Dalam penghitungan klasemen runner-up terbaik, hanya hasil pertandingan melawan tim peringkat satu dan tiga yang diperhitungkan. Alhasil, Timnas Indonesia U-17 mengumpulkan empat poin dari hasil imbang melawan Australia U-17 (peringkat satu) dan kemenangan atas Kuwait U-17 (peringkat tiga).

Pada klasemen akhir runner-up terbaik, Timnas Indonesia U-17 berada di posisi ketiga dengan empat poin dan selisih gol +1, hanya kalah dari China U-17 (Grup C) dan Vietnam U-17 (Grup I).

China dan Vietnam sama-sama meraih empat poin, namun mereka berada di posisi lebih baik karena unggul dalam selisih gol, yaitu +3 dan +2 dibandingkan +1 milik Timnas Indonesia U-17.

 

Bagi Timnas Indonesia U-17, ini adalah partisipasi keenam mereka di Piala Asia U-17, dengan pencapaian terbaik finis di posisi keempat pada Piala Asia U-16 1990.

Jika ingin mencapai prestasi lebih tinggi di Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-17 perlu berlatih lebih keras. Apalagi, jika berhasil mencapai perempat final, mereka akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17 2025.

Menarik untuk menanti apakah pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, akan mempertimbangkan pemain diaspora tambahan untuk memperkuat performa skuad Garuda Asia.

Berikut adalah daftar lengkap 16 negara yang lolos ke Piala Asia U-17 2025:

Korea Utara (juara Grup A)
Afghanistan (juara Grup B)
Korea Selatan (juara Grup C)
China (runner-up Grup C)
Thailand (juara Grup D)
Uzbekistan (juara Grup E)
Irak (runner-up Grup E)
Jepang (juara Grup F)
Australia (juara Grup G)
Indonesia (runner-up Grup G)
UEA (juara Grup H)
Yaman (juara Grup I)
Vietnam (runner-up Grup I)
Tajikistan (juara Grup J)
Oman (runner-up Grup J)
Arab Saudi (Tuan Rumah)

Topik Menarik