Ribuan Ojol Bakal Turun ke Jalan pada 20 Oktober 2024 Menagih Janji Jokowi ke Prabowo

Ribuan Ojol Bakal Turun ke Jalan pada 20 Oktober 2024 Menagih Janji Jokowi ke Prabowo

Terkini | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 15:09
share

Ribuan massa ojek online (ojol) akan turun ke jalan pada 20 Oktober 2024, mendatang untuk menuntut Presiden yang baru saja dilantik, Prabowo Subianto untuk mengurus aturan tarif. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Garda Indonesia, Igun Wicaksono.

Baca Juga: Pembelian BBM Subsidi Bakal Dibatasi 1 Oktober, Ojol: Pendapatan Pahit, Pengeluaran Buncit

Disebut, sebanyak 10.000 hingga 50.000 driverojol akan tumpah ruah bersama masyarakat dengan titik kumpul berada di Gedung MPR/DPR RI dan akan melanjutkan aksi hingga ke Istana Merdeka.

Menurut Igun, aksi tersebut dilakukan untuk menagih janji Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang menjelang masa jabatannya masih meninggalkan pekerjaan yang belum selesai bagi ekosistem transportasi online seperti permohonan atas regulasi tarif ojol untuk pengiriman barang dan makanan.

Baca Juga: Demo Ojol, Gojek Ancam Berikan Sanksi Kepada Driver Jika Rugikan Pelanggan

Dan mengingat tidak ada harapan lagi lantaran masa kepemimpinan Jokowi segera berakhir, maka asosiasi menuntut agar Presiden baru, Prabowo Subianto memerintahkan Kemenkominfo agar dibuat formulasi tarif serta aturanya melalui Permenkominfo juga status pengemudi ojol yang rencana akan dibuatkan regulasinya oleh Kemenaker dalam bentuk Permenaker.

"Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Garda Indonesia tidak dapat berharap lebih akan selesai pada masa pemerintahan Jokowi ini, harapan selanjutnya adalah regulasi tarif pengiriman barang dan makanan dapat di atur oleh Kemenkominfo serta perlindungan dan jaminan kesejahteraan bagi pengemudi ojek online dapat diatur oleh Kemenaker pada masa periode Presiden Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024," kata Igun, Senin (30/9/2024).

"Maka dalam hal ini secara simbolik untuk menyambut pelantikan Presiden Prabowo Subianto, Garda Indonesia akan menurunkan massa pengemudi ojol serentak dari seluruh Jabodetabek dan kota-kota lain yang ingin ke Jakarta untuk menyambut Presiden baru Prabowo Subianto, massa ojol Garda suka cita menyambut harapan baru bagi pengemudi ojol di Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029," imbuhnya.

Igun melanjutkan, pihaknya tengah melakukan persiapan, termasuk melakukan konsolidasi dengan komunitas, serikat, aliansi, federasi dan konfederasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk penyambutan ini. Ia pun berharap agar Pemerintahan Prabowo Subianto bisa memberikan masa depan yang kebih baik nagi para ojol.

"Harapan masa depan bagi pengemudi ojol yang lebih baik mendorong kami untuk menyambut Prabowo Subianto saat pelantikan nanti, pengemudi ojol seluruh Indonesia menantikan tanggal bersejarah 20 Oktober 2024 yang akan turun serentak menyambut suka cita Prabowo-Gibran sebagai Pemimpin Indonesia yang baru," pungkasnya.

Topik Menarik