2 Jenderal TNI Bintang 1 yang Duduki Jabatan Strategis di Kopassus

2 Jenderal TNI Bintang 1 yang Duduki Jabatan Strategis di Kopassus

Nasional | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 06:55
share

Setidaknya ada dua jenderal TNI bintang 1 atau Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI yang menduduki jabatan strategis di Kopassus. Keduanya saat ini ada yang menjabat Inspektur (Ir) Kopassus dan Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus.

Berikut profil singkat kedua jenderal bintang 1 ini yang berhasil dihimpun SINDOnews, Selasa (1/10/2024), yakni:

1. Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi

Brigjen Yuri Elias Mamahi saat ini menjabat sebagai Ir Kopassus. Jabatan ini diemban Brigjen Yuri pada akhir Juli 2024.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tanggal 24 Juli 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Yuri Elias Mamahi merupakan lulusan Akmil 1996 ini dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sosok kelahiran 22 Februari 1975 ini sebelumnya Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Paban III Litbangasro Srenaad.

2. Brigjen TNI Ahmad Fikri Musmar

Brigjen Ahmad Fikri Musmar kini menjabat sebagai Danpusdiklatpassus Kopassus. Sebelumnya Brigjen Ahmad Fikri menjabat Paban V/Bhakti TNI Ster TNI.

Jabatan Brigjen Ahmad Fikri sebagai Danpusdiklatpassus Kopassus ini merupakan kebijakan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang melakukan mutasi, rotasi, dan promosi sejumlah perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI.

Mutasi TNI itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Total sebanyak 49 pamen dan pati TNI yang terkena mutasi pada akhir November 2023.

Selama karier militernya, lulusan Akmil tahun 1997 tersebut telah mendapatkan sejumlah penugasan operasi militer, di antaranya Operasi Tinombala pada tahun 2016, Satgas Teritorial Nanggala Nemangkawi TNI tahun 2019, Wakil Kepala Operasi Nemangkawi 2019.

Topik Menarik