Puan soal Peluang Jadi Ketua DPR 2024-2029: Insyaallah

Puan soal Peluang Jadi Ketua DPR 2024-2029: Insyaallah

Nasional | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 09:42
share

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi perihal peluang dirinya terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Periode 2024-2029. Sebelumnya, pada 2019-2024, putri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri ini juga menjabat Ketua DPR.

"Insyaallah, aamiin," kata Puan seusai menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

Saat dikonfirmasi mengenai penunjukan dirinya kembali sebagai Ketua DPR, Puan meminta semua pihak untuk mendoakannya. "Insyaallah, aamiin, doanya ya, doanya," kata Puan. Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani Dianugerahi Warga Kehormatan Korps Brimob

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut, Puan Maharani akan diusulkan untuk menjadi pimpinan DPR RI Periode 2024-2029 dari Fraksi PDIP. Menurutnya, hal itu akan terwujud bila tak ada hambatan.

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3, insya Allah kalau tidak ada aral tidak ada halangan, tidak ada hambatan, Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024).

Said juga mendengar kabar susunan pimpinan DPR RI lainnya. Salah satunya dari Fraksi Gerindra akan dijabat oleh Sufmi Dasco Ahmad. "Golkar nampaknya menurut hemat saya, yang saya dengar Adies Kadir. Dari Nasdem saya dengar juga ada Saan Mustopa, dan dari PKB mantan Ketua Komisi 6 Adinda Reza (Faisol Reza)," kata Said.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, pemilihan Pimpinan DPR RI akan tetap mengacu pada ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3).

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3, sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2024).

Topik Menarik