Bus Terbakar Tewaskan 23 Siswa dan Guru Thailand, Sopirnya Ditangkap

Bus Terbakar Tewaskan 23 Siswa dan Guru Thailand, Sopirnya Ditangkap

Global | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:36
share

Sebuah bus terbakar di Thailand, menewaskan 23 orang siswa dan guru. Pengemudi bus tersebut telah ditangkap polisi setempat.

Kecelakaan itu terjadi pada hari Selasa, dan penangkapan terhadap sopir bus dilakukan pada hari Rabu.

Keluarga dari para korban telah tiba di Ibu Kota Thailand, Bangkok, pada hari Rabu untuk membantu mengidentifikasi orang yang mereka cintai.

Bus yang membawa enam guru serta 39 siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) itu melakukan perjalanan dari provinsi Uthai Thani, sekitar 300 kilometer (186 mil) di utara Bangkok, untuk perjalanan sekolah di provinsi Ayutthaya dan Nonthaburi pada hari Selasa.

Baca Juga: Alat Kelamin Pria Thailand Ini Digigit Ular Piton saat Buang Air Besar

Kebakaran dimulai saat bus berada di jalan raya di utara ibu kota dan menyebar begitu cepat sehingga banyak yang tidak dapat melarikan diri.

Trairong Phiwpan, kepala departemen forensik polisi, mengatakan 23 jenazah ditemukan dari bus tersebut.

Pekerjaan pemulihan dan konfirmasi jumlah korban tewas telah tertunda sebelumnya karena kendaraan yang terbakar, yang berbahan bakar gas alam, masih terlalu panas untuk dimasuki selama berjam-jam.

Keluarga korban dibawa dari Uthai Thani dengan mobil van ke departemen forensik di Rumah Sakit Umum Kepolisian di Bangkok pada hari Rabu untuk memberikan sampel DNA mereka guna proses identifikasi.

Kornchai Klaiklung, asisten kepala Kepolisian Kerajaan Thailand, mengatakan kepada wartawan bahwa tim forensik bekerja secepat mungkin untuk mengidentifikasi para korban.

Pengemudi, yang diidentifikasi oleh polisi sebagai Saman Chanput, menyerahkan diri pada Selasa malam beberapa jam setelah kebakaran. Pihak kepolisian mengatakan mereka telah mendakwanya dengan tuduhan mengemudi secara gegabah yang menyebabkan kematian dan cedera, tidak berhenti untuk membantu orang lain, dan tidak melaporkan kecelakaan tersebut.

Pengemudi tersebut mengatakan kepada penyidik bahwa dia mengemudi dengan normal hingga bus tersebut kehilangan keseimbangan pada ban kanan depan, menabrak mobil lain, dan menggesek pembatas jalan raya beton, yang menyebabkan percikan api yang menyulut api. Demikian disampaikan Chayanont Meesati, wakil kepala polisi daerah setempat, kepada wartawan.

Pengemudi tersebut, kata Chayanont, mengatakan dia berlari untuk mengambil alat pemadam kebakaran dari bus lain yang melakukan perjalanan yang sama tetapi dia tidak dapat memadamkan api, dan melarikan diri karena dia panik.

Polisi mengatakan mereka juga sedang menyelidiki apakah perusahaan bus tersebut mematuhi semua standar keselamatan.

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar publik Thai PBS, pemilik perusahaan bus Songwit Chinnaboot mengatakan bus tersebut diperiksa keselamatannya dua kali setahun sebagaimana diharuskan dan bahwa tabung gas telah lulus standar keselamatan.

Dia juga mengatakan akan memberikan kompensasi terbaik kepada keluarga korban.

Tiga siswa dirawat di rumah sakit, dan rumah sakit mengatakan dua dari mereka dalam kondisi serius.

Seorang gadis berusia 7 tahun menderita luka bakar di wajahnya, dan seorang ahli bedah mengatakan dokter melakukan yang terbaik untuk mencoba menyelamatkan penglihatannya.

Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra, seperti dikutip AFP, Kamis (3/10/2024), menyampaikan belasungkawa melalui unggahan di platform media sosial X, dengan janji bahwa pemerintah akan menanggung biaya pengobatan dan membantu keluarga korban.

Ketika wartawan bertanya kepadanya tentang kebakaran di Gedung Pemerintah, Paetongtarn diliputi emosi dan menangis. Dia menjadi perdana menteri pada bulan Agustus dan merupakan ibu dari dua orang anak.

Kecelakaan tersebut telah memicu kritik atas keselamatan anak-anak yang bepergian berjam-jam melintasi provinsi di jalan yang terkenal dengan tingkat kecelakaan lalu lintas dan kematian yang tinggi.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa setiap tahun, 20.000 orang tewas dan satu juta orang terluka dalam kecelakaan lalu lintas di Thailand.

Topik Menarik