Sandiaga Uno Bakal Revitalisasi Gunung Pancar untuk Tarik Kembali Wisatawan

Sandiaga Uno Bakal Revitalisasi Gunung Pancar untuk Tarik Kembali Wisatawan

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 7 Oktober 2024 - 23:40
share

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan rencana revitalisasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat, sebagai upaya untuk menarik kembali wisatawan setelah destinasi tersebut mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Rencana revitalisasi ini dilakukan setelah beredar video yang menunjukkan sepinya kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Hal ini diduga akibat maraknya praktik pungutan liar alias pungli.

Dilihat dari unggahan akun TikTok @adengider, terlihat penampakan wisata Gunung Pancar sepi pengunjung. Kawasan tersebut tidak dipadati pengunjung yang biasanya senang berlibur di destinasi wisata alam ini.

Terkait hal ini, Sandiaga berkomitmen untuk melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menata kembali destinasi wisata ini. Sehingga memberikan pengalaman berwisata yang lebih menyenangkan dan aman.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Ideafest 2024 Wadah Kolaborasi untuk Kembangkan Inovasi di Sektor Parekraf

"Selama ini yang saya sampaikan kalau wisatawan itu digetok maka mereka akan kapok. Ini sudah dibuktikan di Gunung Pancar," kata Sandiaga dalam Weekly Brief With Sandiaga Uno secara daring, Senin (7/10/2024).

"Ini akan kita tata dengan kelompok sadar wisata, melibatkan pemerintah daerah. Kita akan tata dalam bentuk desa wisata yang bisa memberikan pendekatan lebih ke kearifan lokal," sambungnya.

Sandiaga menjelaskan bahwa desa wisata yang akan digalakkan di Gunung Pancar ini diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk kembali menggaet wisatawan. Terlebih, pesona alam destinasi tersebut begitu memesona dan para penduduk sekitar yang ramah.

Sandiaga berharap revitalisasi tersebut bisa berlangsung lancar dan mendapat dukungan masyarakat untuk kembali menghidupkan destinasi wisata Gunung Pancar.

Baca Juga: Sandiaga Apresiasi Kondisi Ideal Sirkuit Mandalika Hari Pertama Pertamina Grand Prix 2024

"Masyarakat Jawa Barat itu kan sangat welcoming. Sehingga pengalaman berwisata bisa kembali menyenangkan, aman dan nyaman. Dukungan dari masyarakat juga tinggi untuk revitalisasi Gunung Pancar yang sempat hits itu," jelas Sandiaga.

Sementara itu, PJ Walikota Bogor sekaligus Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat Dr. Hery Antasari mengungkap persoalan pungli ini tengah ditangani langsung oleh PJ Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Ia mengungkap Polda Jawa Barat bersama Satgas Saber Pungli Jawa Barat akan turun tangan mengatasi permasalahan pungli di destinasi wisata ini.

"Kebetulan kemarin pak PJ Gubernur Jabar merapatkan khusus tentang ini. Jadi bersama Saber Pungli Jawa Barat dan Polda Jawa Barat sudah di-handle langsung oleh pak gubernur," ujar Hery.

Baca Juga: Sandiaga Uno Buka IC Fest 2024 di Yogyakarta, Indonesia Siap Saingi Hollywood dan Drakor

"Dan memang ini sangat disayangkan. Saya kira semoga bisa segera selesai dan hidup kembali Gunung Pancar," pungkasnya.

Topik Menarik